PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING POLYA DI SMP NEGERI 1 SUNGAI KERUH

PINKI DEA RISTI, 1810206025 and Dr. Sujinal Arifin, M.Pd, 197909092011011009 and Feli Ramury, M.Pd, 0228128901 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING POLYA DI SMP NEGERI 1 SUNGAI KERUH. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING POLYA DI SMP NEGERI 1 SUNGAI KERUH)
PINKI DEA RISTI.pdf - Published Version

Download (779kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik materi keliling dan luas lingkaran yang berbasis Problem Solving Polya yang valid, praktis dan memiliki efek potensial yang ditinjau dari hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Sungai Keruh. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Reserch and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur penelitian ADDIE yang terdiri dari 1) Analisis (analysis), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yang pertama yaitu dengan menggunkan lembar validasi ahli yang bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui prodak LKPD yang dikembangkan tersebut valid, kedua yaitu lembar respon peserta didik yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepraktisan LKPD yang dinilai oleh peserta didik itu sendiri, dan yang terakhir yaitu dengan memberikan tes hasil belajar peserta didik yang bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui efek potensial yang dimiliki peserta didik ditinjau dari hasil belajar selama penggunaan LKPD yang dikembangkan. Subjek penelitian ini yaitu 25 peserta didik di SMP Negeri 1 Sungai Keruh kelas VIII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kevalidan LKPD yang dikembangkan yaitu 3,67 dengan keterangan sangat valid, kemudian nilai yang diperoleh dari respon angket peserta didik yaitu 3,57 dengan keterangan sangat praktis, serta efek potensial yang dicapai peserta didik ditinjau dari hasil belajar terdapat 22 peserta didik dinyatakan tuntas dan 3 dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata 78 dan dengan presentase ketuntasan tes hasil belajar peserta didik yaitu 88 yang dikategorikan memiliki efek potensial yang sangat baik. Dengan demikian lembar kerja peserta didik yang dihasilkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efek potensial sangat baik. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Keliling dan Luas Lingkaran, Problem Solving Polya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Keliling dan Luas Lingkaran, Problem Solving Polya
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: PINKI DEA RISTI 1810206025
Date Deposited: 02 Mar 2023 01:50
Last Modified: 02 Mar 2023 01:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25564

Actions (login required)

View Item View Item