PERSEPSI MASYARAKAT SUKU JAWA DAN SUKU MELAYU TERHADAP MAKNA BADIK SEBAGAI SENJATA TRADISIONAL SUKU BUGIS (STUDY PADA MASYARAKAT DI DESA UPANG CERIA KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN)

MUSLIMIN, MUSLIMIN (2023) PERSEPSI MASYARAKAT SUKU JAWA DAN SUKU MELAYU TERHADAP MAKNA BADIK SEBAGAI SENJATA TRADISIONAL SUKU BUGIS (STUDY PADA MASYARAKAT DI DESA UPANG CERIA KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Muslimin 1730701135 (Full Bab).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Muslimin 1730701135 (cover).pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Senjata tradisional Badik yang dimiliki oleh suku Bugis merupakan suatu kearifan lokal yang dimiliki oleh suku Bugis yang berasal dari pulau Sulawesi. Sebuah objek yang menarik untuk dikaji sebagai untuk hidup bermasyarakat yang baik dan bijak. Penelitian ini berfokus pada Persepsi masyarakat suku Jawa dan Melayu terhadap Badik Sebagai senjata tradisioal suku Bugis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat suku Jawa dan Melayu terhadap badik dan kegunaanya seagai senjata tradisional suku Bugis. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tenik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. informan dalam peneliti ini yaitu masyarakat suku Jawa dan Melayu yang ada di Desa Upang Ceria. Adapun landasan penelitian ini menggunakan teori persepsi. hasil penelitian ini menujukan bahwa sebenarnya setiap suku yang ada di Indonesia mempunyai budaya adat yang beragam, yang seharusnya setiap masyarakat yang memiliki perbedaan budaya dan adat mampu menerima dan menghagai yang namanya perbedaan adat dan budaya. Kata kunci: Badik, Persepsi, Masyarakat ,Budaya,Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:42
Last Modified: 09 Mar 2023 06:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25607

Actions (login required)

View Item View Item