POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP SISWA DISABILITAS (Studi pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri C Kota Prabumulih)

Azhari, Deby Fellyana (2022) POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP SISWA DISABILITAS (Studi pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri C Kota Prabumulih). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Deby Fellyana Azhari 1657010138.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pola adalah bentuk atau model yang memiliki keteraturan, dan komunikasi adalah proses pengiriman pesan dari komunikator ke penerima pesan atau komunikan. Pola komunikasi adalah bentuk atau pola hubungan antara dua orang atau lebih dalam proses pengiriman dan penerimaan dengan cara yang tepat sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru kepada siswa tunarugu di sekolah luar biasa negeri c Kota Prabumulih. Guru pada sekolah luar biasa menggunakan komunikasi secara total dalam proses pembelajaran yakni komunikasi oral atau pengucapan kata dan komunikasi melalui bahasa isyarat. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif dengan teori interaksi simbolik yang dikemukakan oleh George Herbert Mead. Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi guru dalam mendidik siswa disabilitas penyandang tunarungu pada proses pembelajaran adalah komunikasi total, komunikasi verbal, dan komunikasi non verbal yang digunakan secara bersamaan. Kata kunci: Komunikasi, Guru, Disabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:48
Last Modified: 09 Mar 2023 06:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25608

Actions (login required)

View Item View Item