PENGARUH PENERAPAN METODE BERNYANYI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI NAJAHIYAH PALEMBANG

UTAMI, HAUZANA AQILA (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE BERNYANYI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.odt

Download (18kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap minat belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran matematika di MI Najahiyah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain True Experimental Design dengan jenis Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sample Random Sampling, yaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen berjumlah 19 peserta didik, sedangkan kelas IV D sebagai kelas kontrol berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Untuk analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap minat belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran matematika di MI Najahiyah Palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil total nilai kelas kontrol 932 lebih kecil dari hasil nilai kelas eksperimen yaitu 1015, kemudian pada uji hipotesis mendapatkan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi memiliki pengaruh terhadap minat belajar peserta didik kelas IV di MI Najahiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Metode Bernyanyi, Pembelajaran Matematika
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:43
Last Modified: 07 Mar 2023 02:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25610

Actions (login required)

View Item View Item