Peranan Majelis Taklim Yayasan Taddabur Quran dalam Pemberdayaan Masyarakat di Jalan Sematang Borang 1266 RT 25 Sako Palembang

Gita, Linsa (2022) Peranan Majelis Taklim Yayasan Taddabur Quran dalam Pemberdayaan Masyarakat di Jalan Sematang Borang 1266 RT 25 Sako Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover Gita Linsa (1830505036).pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Gita Linsa (1830505036).pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
BAB 1-5 Gita Linsa (1830505036).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Gita Linsa (1830505036).pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Majelis taklim sebagai lembaga dakwah berkembang pesat terutama sejak peralihan kekuasaan dari orde lama ke orde baru sampai sekarang ini. Majelis taklim merupakan satuan pendidikan nonformal yang berbasis masyarakat dan berperan mewujudkan pendidikan khususnya pendidikan agama Islam, sehingga melalui program majelis taklim, diharapkan dapat membentuk pemberdayaan masyarakat yang secara individu maupun kelompok. Namun, seringkali dijumpai majelis taklim dengan kegiatannya yang terbatas pada belajar mengajar menulis dan membaca Al-Qur’an. Padahal Peran majelis taklim ini beragam dan berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. Rumusan masalah peneliti ini yaitu, pertama, Bagaimana Peranan Majelis Taklim Yayasan Tadabbur Quran dalam pemberdayaan masyarakat di Jalan Sematang Borang 1266 RT 25 Sako Palembang? Yang kedua, Apa saja hambatan – hambatan di Majelis Taklim Yayasan Tadabbur Quran dalam pemberdayaan masyarakat di Jalan Sematang Borang 1266 RT 25 Sako Palembang. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peranan Majelis Taklim Yayasan Tadabbur Quran dalam pemberdayaan masyarakat dan untuk mengetahui hambatan-hambatan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini mendapatkan bahwasannya peranan yang dilakukan oleh majelis taklim berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Beberapa peranan majelis taklim yang dilakukan sebagai membina kaum masyarkat, sebagai wadah silaturrahmi, sebagai sarana dialog, sebagai media yang mempunyai gagasan yang bermanfaat dalam menggalang kekuatan bagi pembagunan umat, Mengkader umat sebagai tongkat estafet dakwah, karena kebutuhan akan majelis sangat urgen di masa zaman baru ini. Serta beberapa hambatan-hambatannya yaitu pada Jama’ah, jaringan dakwah, kaderlisasi pendakwah baru, kurangnya istiqomah dari jamaah. Kata Kunci: Peranan, Majelis Taklim, Pemberdayaan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peranan, Majelis Taklim, Pemberdayaan Masyarakat.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: GITA LINSA 1830505036
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:43
Last Modified: 07 Mar 2023 02:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25623

Actions (login required)

View Item View Item