MARKETING POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF TAHUN 2019 KABUPATEN LAHAT

GIOVANI, MUHAMMAD GLENN (2023) MARKETING POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF TAHUN 2019 KABUPATEN LAHAT. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
MUHAMMAD GLENN GIOVANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Marketing politik dalam penelitian adalah sebuah marketing politik yang dilakukan oleh partai PKS di Kabupaten Lahat, sehingga menyebabkan kegagalan dalam pemilu legislatif atau penurunan suara pada tahun 2019. Tujuan pada penelitian ini adalah Mendeskripsikan dan menganalisis marketing politik yang dilakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Pemilu legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Lahat, dan Menjelaskan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan marketing politik yang dilakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Pemilu legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Lahat. Menggunakan teori menggunakan teori 4P’s dari Niffenegger (1989) yaitu Product (produk), Promotion (promosi), Price (harga), dan Place (penempatan) dan teori Teori strategi pendekatan pasar yang disebut dengan istilah 3P yaitu Push marketing, Pull Marketing, dan Pass marketing. Dengan metode penelitian kualitatif, data yang bersumber dari lapangan dengan melalui wawancara langsung kepada narasumber yang kemudian diolah hingga mendapatkan sebiah kesimpulan. Hasil penelitian Marketing politik PKS meliputi Push Marketing seperti cara menjalin kedekatan dengan meningkatkan pelayanan-pelayanan yang sedang di butuhkan rakyat misalnya pengobatan gratis, Pass marketing yang membutuhkan lobi dari tokoh masyarakat untuk menggalang dukungandukungan masyarakat, Pull marketing dengan media massa pula para kandidat lebih leluasa menyampaikan visi dan misi, yang dapat di pahami oleh rakyat secara mendalam, dapat di lihat secara berulang-ulang dan Faktor pendukung Partai PKS di Kabupaten Lahat juga dilakukan mengunakan jalur kekerabatan, dengan memanfaatkan kesempatan dapat membuka jaringan yang luas untuk memperluas pasarnya. Faktor penghambat yang dialami Partai PKS adalah faktor pesaing dan beberapa kandidat calon. penurunan suara yang diperoleh dalam pemilu tahun 2019 di Kabupaten lahat, disebabkan karena calon di usung memang kurang konsisten, sehingga menimbulkan pandangan miring di mata masyarakat. Kata kunci: Marketing Politik, Partai Keadilan Sejahtera

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:41
Last Modified: 09 Mar 2023 06:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25690

Actions (login required)

View Item View Item