PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS I MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DI SDN 96 PALEMBANG

KOMALA, IIN (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS I MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DI SDN 96 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I IIN KOMALA.doc

Download (83kB)
[img] Text
BAB V IIN KOMALA.doc

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan media pembelajaran corong berhitung terhadap hasil belajar siswa kelas I di SDN 96 Palembang. Media pembelajaran corong berhitung adalah media pembelajaran atau alat peraga berupa media tiga dimensi sebagai media yang diamati ke segala arah dan memiliki panjang, dan Corong berhitung adalah alat bantu atau alat peraga yang dapat digunakan untuk menjelaskan operasi hitung perkalian, penjumlahan dan pembagian yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Alat pembelajaran yang disebut media corong berhitung memanfaatkan media corong untuk melakukan rangkaian operasi penjumlahan. Corong berfungsi sebagai tempat masuk biji-biji atau barang sejenisnya untuk yang membantu operasi hitung. Biji-bijian atau sejenisnya sebagai bilangan yang akan dikenalkan operasi hitung, terdapat laci yang dapat digunakan sebagai tempat untuk melihat hasil operasi hitung Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Hasil yang dapat dilihat dari pengaruh penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa dikelas kontrol tidak diterapkan media pembelajaran corong berhitung pada pelajaran matematika materi penjumlahan di SDN 96 Palembang. (2) hasil belajar siswa dikelas eksperimen yang diterapkan media pembelajaran corong berhitung pada pelajaran matematika materi penjumlahan di SDN 96 Palembang. (3) pengaruh media pembelajaran corong berhitung terhadap hasil belajar siswa kelas I mata pelajaran matematika materi penjumlahan di SDN 96 Palembang. Menunjukkan hasil yang signifikan, dimana pada taraf signifikasi < 0,05 maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat dilihat hasil dari uji hipotesis (uji t) data menunjukkan thitung 0,000 dimana hal ini berarti 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan media pembelajaran corong berhitung terhadap hasil belajar siswa kelas I mata pelajaran matematika materi penjumlahan di SDN 96 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Corong Berhitung, hasil belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:02
Last Modified: 15 Mar 2023 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25752

Actions (login required)

View Item View Item