JUAL BELI IKAN SECARA TERIKAT TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Desa Sungsang III Kecamatan Banyuasin II). (Skripsi)

Ali, Sartika (2016) JUAL BELI IKAN SECARA TERIKAT TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Desa Sungsang III Kecamatan Banyuasin II). (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Sartika Ali_Febi.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Terikat Terahadap Pendapatan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Dalam penjualan ikannya ada yang menjual secara bebas dan ada pula yang menjual secara terikat, karena sudah mengambil atau meminjam uang (berhutang) kepada salah satu Pengepul Ikan Di Desa Sungsang III tersebut. Sementara penjual sekaligus nelayan keadaan perekonomiannya termasuk golongan menengah kebawah sehingga mereka terikat kepada Pengepul ikan. Sedangkan para Pengepul ikan ini adalah bukah asli penduduk setempat atau orang pendatang yang bisa dikatakan orang kaya atau pengusaha. Berdasarkan permasalahan diatas, maka peneliti tertarik untuk menulis skripsi dengan judul Analisis Jual Beli Ikan Secara Terikat Terhadap Pendapatan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Terhadap Masyarakat Di Desa Sungsang III Kecamatan Banyuasin II). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah system jual beli ikan secara terikat ini sudah sesuai Syariah Islam dan bagaimana dampak terhadap pendapatan pada masyarakat Sungsang III. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif deskrptif. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat, dimana jual beli secara terikat ini secara langsung maupun tidak langsung sudah terjadi secara terus menerus dan turun menurun.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Masyarakat Desa Sungsang III, Jual Beli Terikat, Ekonomi Islam.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 02:57
Last Modified: 15 Apr 2016 08:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item