TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PERAN PENYIDIK UNIT KEJAHATAN KEKERASAN POLISI DAERAH SUMATERA SELATAN DALAM MENYELESAIKAN KASUS PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN DI MASA PANDEMI COVID-19.

Sari, Viya Permata (2023) TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PERAN PENYIDIK UNIT KEJAHATAN KEKERASAN POLISI DAERAH SUMATERA SELATAN DALAM MENYELESAIKAN KASUS PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[img] Text
Bab l.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
bab ll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
bab lll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
bab lv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
bab v penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 masih melanda semua Negara termasuk di Indonesia. Pandemi Covid-19 ini masuk ke Indonesia memberikan dampak di segala sektor kehidupan. Dari hal tersebut pemerinta mengeluarkan kebijakan kepada masyarakat guna untuk menghambat penyebaran Covid-19 salah satunya membentuk aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dengan adanya aturan ini mengakibatkan kebanyakan masyarakat mengalami Pemberhentian Hubungan Kerja (PHK) dan hal ini sangat berpotensi terhadap meningkatnya angka pencurian terutama pencurian disertai pemberatan. Oleh karena itu diperlukan adanya peran kepolisian sebagaimana diatur dalam KUHP pada Undang-Undang Nomor. 8 Tahun 1981 mengenai peran dan kedudukan kepolisian. Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui bagaimana peran penyidik unit kejahatan kekerasan polisi daerah Sumatera Selatan dalam menangani pencurian disertai pemberatan di masa pandemi covid-19. Kedua, untuk mengetahui peran penyidik unit kejahatan kekerasan polisi daerah Sumatera Selatan dalam menangani pencurian disertai pemberatan pada masa pandemi covid-19 berdasarkan perspektif hukum Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris, sumber data yang digunakan data primer dan skunder, kemudian data yang diperoleh diolah dan dianalisa secara deskritif kualitatif. Lokasi penelitian pada penelitian ini yaitu, Polda Sumatera Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran Penyidik telah diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor. 6 Tahun 2019. Dalam Hukum Islam (Jinayah) pemerintah disebut sebagai Ulil Amr yang memiliki wewenang hukum untuk mengatur kesejahteraan rakyat dan para Penyidik kepolisian menjadi garda terdepan pemerintah dalam memelihara keamanan dan ketertiban dalam masyarakat dan juga berfungsi untuk mengawasi pelaksanaan syari'at islam. ​ Kata kunci : Peran Penyidik, Pencurian Disertai Pemberatan Pada Masa Covid-19, Jinayah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran Penyidik, Pencurian Disertai Pemberatan Pada Masa Covid-19, Jinayah.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: VIYA PERMATA SARI 1810103075
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:33
Last Modified: 13 Mar 2023 02:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25831

Actions (login required)

View Item View Item