SARI, TRISNA WIDIYA (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TEMA 5 SUBTEMA 3 DI KELAS V SDIT AULADI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
Bab 1 Skripsi Trisna.docx Download (46kB) |
|
Text
Bab 5 Skripsi Trisna.docx Download (37kB) |
|
Text
Bab 1 Skripsi Trisna.docx Download (46kB) |
|
Text
Bab 5 Skripsi Trisna.docx Download (37kB) |
|
Text
Bab 5 Skripsi Trisna.docx Download (37kB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada jarangnya penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di sekolah-sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Tema 5 Subtema 3 di Kelas V SDIT Auladi Palembang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development yang menggunakan tahapan model ADDIE yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Proses pengembangan LKPD diawali dengan menganalisis karakteristik peserta didik, kurikulum, dan sumber belajar kemudian melakukan desain dan menyusun materi dan lembar tugas LKPD. Selanjutnya LKPD tersebut dilakukan validasi dan revisi oleh tim ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil persentase validasi ahli materi adalah 83,3%, persentase validasi ahli media adalah 85,88%, dan persentase validasi ahli bahasa adalah 91,67%. Hasil persentase tanggapan guru adalah 85,97% dan tanggapan dari 8 orang peserta didik pada uji coba kelompok kecil adalah 93,66% serta tanggapan dari 22 orang peserta didik pada uji coba kelompok besar adalah 92,48. Maka dapat disimpulkan bahwa produk berupa LKPD berbasis Contextusl Teaching and Learning pada tema 5 ekosistem subtema 3 keseimbangan ekosistem pada pembelajaran satu sudah valid dan praktis serta bisa digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 15:53 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 15:53 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25876 |
Actions (login required)
View Item |