STRATEGI POLITIK NADIEM MAKARIM DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN

AMELIA, CINDY (2023) STRATEGI POLITIK NADIEM MAKARIM DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
CINDY AMELIA 1920702020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Politik Nadiem MakarimDalamMengembangkan Pendidikan”. Membahas tentang perubahan pendidikan pada masaNadiem Makarim yang memiliki Strategi politik sebagai tindakan yang digunakanpemimpin untuk merealisasikan cita-cita politiknya. Tujuan pada penelitian ini yaituuntuk mengetahui Bagaimana Strategi yang dilakukan Nadiem Makarimsebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalammengembangkanpendidikan di Indonesia. Teori yang digunakan penelitian ini yaitu teori Strategi menurut Geoff Mulgan (2009) strategi ini berguna sebagai sistem yang dapat mengatur kekuasaan dan sumber daya yang ada lewat pemerintahan yang bertujuan untukkepentingan publik yang merupakan alat kekuasaan pemerintah untuk membuat ide dangagasan dalam mengatasi masalah, kerumitan dan kompleksitas dalampemerintahan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Nadiem Makarim menggunakan Strategi Ofensif yaitu strategi perluasan pasar dalam penerapan peraturan baru, untuk menjalankanprogram yang telah dirancangnya dengan cara menetukan Tujuan apa yang NadiemMakarim inginkan, Faktor apa yang mempengaruhi Nadiem Makarimdalammembuat program, pengarahan apa yang Nadiem Makarim lakukan, dan Tindakan apa yangNadiem Makarim lakukan untuk menjalankan programnya untuk mengembangkanpendidikan di Indonesia. Kata Kunci : Strategi, Nadiem Makarim, Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2023 10:01
Last Modified: 16 Mar 2023 10:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25934

Actions (login required)

View Item View Item