PENGARUH MEDIA FLIPCHART BERBASIS GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN RANGKA MANUSIA SISWA KELAS V SDN 6 RAMBUTAN

Arwinda, Putri (2023) PENGARUH MEDIA FLIPCHART BERBASIS GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN RANGKA MANUSIA SISWA KELAS V SDN 6 RAMBUTAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Media Flipchart Berbasis Gambar Terhadap Hasil Belajar Materi Struktur Dan Fungsi Bagian Rangka Manusia pada Siswa Kelas V SDN 6 Rambutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Flipchart Berbasis Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 6 Rambutan Banyuasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen pendekatan kuantitatif, dengan diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan desain One-Group Pretes-Posttest Desaign. Populasi dalam penelitian ini seluruh anak di SDN 6 Rambutan sedangkan sampelnya anak kelas V berjumlah 31 siswa, serta teknik sampelnya menggunakan Proportional sample. Hasil belajar dilihat dari hasil instrumen tes siswa, sedangkan untuk validitas menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media flipchart berbasis gambar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pada materi struktur dan fungsi bagian rangka manusia pada siswa kelas V SDN 6 Rambutan, pengaruh media tersebut dilihat dari hasil uji hipotesis. Pada taraf signifikan 5% membuktikan bahwa adanya pengaruh media flipchart berbasis gambar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Rambutan Banyuasin, dapat dilihat dari t_hitung > t_tabel , atau 0,923 > 0,423, sehingga disimpulkan bahwa hipotesis nihil ditolak yang berarti hipotesis alternatif diterima artinya ada pengaruh media flipchart berbasis gambar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Flipchart Berbasis Gambar, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Mar 2023 04:07
Last Modified: 21 Mar 2023 04:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25944

Actions (login required)

View Item View Item