Oktaviani, vina (2023) Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Geometri Anak Kelompok B Di RA Al Mumtaazah Desa Pedamaran VI Kecamatan Pedamaran OKI Tahun Ajaran 2022/2023. Masters thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Slideshow
SKRIPSI VINA OKTAVIANIIIII BENERR SEKALII.docx Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Pemahaman geometri merupakan salah satu tahap perkembangan kognitif yang harus dikuasai anak usia dini. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Geometri Anak Kelompok B di RA Al Mumtaazah Desa Pedamaran VI Kecamatan Pedamaran OKI, dengan variabel independent video pembelajaran dan variabel dependent pemahaman geometri. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperimental Design, dengan pendekatan penelitian kuantitatif Nonequivalent Control Grup Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 anak kelas B1 dan B2 di RA Al Mumtaazah Desa Pedamaran VI. Kelompok eksperimen menggunakan media video pembelajaran dan kelompok kontrol menggunakan media yang ada didalam kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenititas, uji hipotesis t test. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan media video pembelajaran dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 73 sedangkan kelompok kontrol 60, kemudian dengan perhitungan uji t dimana nilai ttabel untuk taraf signifikansi 5% sebesar 2,074. Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel karena thitung > ttabel (5,975 > 2,048), maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh Video Pembelajaran terhadap pemahaman geometri anak kelompok B di RA Al Mumtaazah Desa Pedamaran VI Kecamatan Pedamaran OKI tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Pemahaman Geometri ABSTRACT Understanding geometry is one of the stages of cognitive development that must be mastered by early childhood. The aim of the study was to determine the effect of video learning on understanding geometry for group B children in RA Al Mumtaazah, Pedamaran VI Village, Pedamaran OKI District, with the independent variable learning video and the dependent variable understanding geometry. In this study, two classes were used, namely the experimental group and the control group. This type of research is a Quasi-Experimental Design, with a nonequivalent control group design quantitative research approach. The sample in this study was 30 children in grades B1 and B2 at RA Al Mumtaazah, Pedamaran VI Village. The experimental group used instructional video media and the control group used the media in the classroom. Data collection techniques using observation, tests, and documentation. Data analysis techniques in this study used the validity test, reliability test, normality test, homogeneity test, hypothesis test t test. Based on the results, it was found that there was a difference in the average value after applying the media designed from the Canva application where the average value of the experimental class was 73 while the control group was 60, then by calculating the t test where the ttable value for a 5% significance level was 2.074. It can be concluded that the value of tcount > ttable because tcount > ttable (5.975 > 2.048), then the conclusion is that Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is an influence of Learning Videos on the understanding of geometry in group B children at RA Al Mumtaazah, Pedamaran VI Village, Pedamaran OKI District, 2022/2023 academic year. Keywords: Learning Video, Geometry Understanding
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Video Pembelajaran, Pemahaman Geometri Keywords: Learning Video, Geometry Understanding |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | VINA OKTAVIANI 1810210035 |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 03:06 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 03:06 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26035 |
Actions (login required)
View Item |