HIPEREALITAS UNGGAHAN KULINER DI INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI SESEORANG (Studi pada Pengunjung Starbucks, Soree, dan Savoree Gourmet Palembang)

LESTARI, ETA (2023) HIPEREALITAS UNGGAHAN KULINER DI INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI SESEORANG (Studi pada Pengunjung Starbucks, Soree, dan Savoree Gourmet Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
ETA LESTARI 1820701013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena sosial dalam media baru (new media) yaitu fenomena hiperealitas pada media sosial Instagram berjudul “Hiperealitas Unggahan Kuliner dalam Membentuk Citra Diri Seseorang (Studi pada Pengunjung Starbucks, Soree, dan Savoree Palembang)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bentuk realitas yang ditampilkan pada unggahan kuliner dan menjelaskan representasi citra diri yang ditampilkan oleh pengunjung Starbucks, Soree, dan Savoree Gourmet. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan terdiri dari lima orang pengguna Instagram yang rutin mengunggah aktivitas kuliner dan pernah mengunjungi Starbucks, Soree, atau Savoree Gourmet. Penelitian ini menggunakan teori Simulasi oleh Jean Baudrillard. Hasil dari penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa bentuk realitas yang ditampilkan pada unggahan kuliner para pengunjung Starbucks, Soree, dan Savoree Palembang yaitu berbentuk foto yang memiliki makna yang berupa berbagai aktivitas kuliner seperti foto diri di hadapan makanan, foto diri pada ornamen ruangan café, serta foto makanan dan minuman yang dikonsumsi di café tersebut. Realitas tersebut memiliki kaitan dalam pembentukan citra diri seseorang. Hiperealitas yang terjadi pada unggahan kuliner pengunjung Starbucks, Soree, dan Savoree Gourmet Palembang membentuk citra diri si pemilik akun. Representasi citra diri yang terbentuk dari hiperealitas unggahan kuliner adalah citra mengeksklusifkan diri, dilihat dari unggahan yang berpengaruh dari faktorfaktor brand minded, pengunjung memperhatikan pakaian saat berkunjung ke restoran, penggunaan bahasa, dan desain interior yang instagramable. Citra diri ini merupakan realitas baru yang terbentuk dari fase simulasi dalam media sosial. Kata Kunci : Hiperealitas, Kuliner, Realitas

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:43
Last Modified: 30 Mar 2023 01:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26077

Actions (login required)

View Item View Item