ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GAMES BOOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III MI MUJAHIDIN PALEMBANG

TRIYA, OKTRESIA ARTA (2023) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GAMES BOOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III MI MUJAHIDIN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan guru dalam penerapan media games book yang dilakukan oleh guru pada siswa kelas III MI Mujahidin Palembang, (2) Bagaimana penerapan media games book sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MI Mujahidin Palembang, (3) Bagaimana motivasi belajar siswa dalam penerapan media games book. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III MI Mujahidin Palembang yang berjumlah 18 peserta didik dan objek dari penelitian ini adalah penerapan Media games book. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Perencanaan yang dilakukan guru dalam penerapan media games book terdiri menjadi 3 tahapan yaitu: Tahap 1 Analisis (Analysis) yakni mencari kelemahan siswa yang diobservasi adalah motivasi belajar, selanjutnya guru membutuhkan bahan ajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara menganalisis kompetensi, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Tahap 2 Desain (desaign) yakni merancang bahan ajar dengan konsep sesuai materi dari penyusunan materi yang telah disiapkan sebelumnya pada tahap analisis lalu membuat instrumen yang ditukkan oleh ahli. Tahap 3 Pengembangan (Development) yakni pembuatan media yang telah dirancang dalam setiap mata pelajaran, materi, dan permainan dijadikan satu menajdi bahan ajar yang sudah dikonsepkan. Kedua, langkah-langkah media games book yaitu: (1) Guru mempersiapkan materi pembelajaran yang akan dibahas (2) Guru menjelaskan materi pembelajaran secara ringkas/singkat (3) Guru mempersiapkan media games book (4) Guru membagikan lembar games yang akan dikerjakan oleh siswa (5) Siswa mengerjakan games yang terdapat pada lembaran yang dibagikan oleh guru. Penerapan media games book sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MI Mujahidin Palembang dikatakan sudah cukup baik, tetapi guru belum menggunakan media games book ini untuk semua materi dalam mata pelajaran hanya pada materi tertentu saja. Ketiga, motivasi belajar siswa kelas III MI Mujahidin Palembang terbagi menjadi 3 tingkatan klasifikasi yakni: motivasi belajar tinggi, cukup, dan rendah. Dengan masing-masing persentase siswa motivasi belajar tinggi 33%, siswa motivasi belajar cukup 61%, dan siswa motivasi belajar rendah 6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Games Book, Motivasi Belajar.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 1559 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2023 08:07
Last Modified: 02 Apr 2023 08:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26173

Actions (login required)

View Item View Item