PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IV MI ASSEGAF PALEMBANG

Nur Izzah, Annisah (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IV MI ASSEGAF PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (31kB)
[img] Text
FIX_BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang permasalahan yang ada di MI Assegaf Palembang yaitu masih banyak siswa yang mendapatkan nilai rendah pada mata pelajaran akidah akhlak. Banyak hal yang menimbulkan masalah bagi siswa dalam belajar akidah akhlak. Salah satunya yaitu metode yang digunakan guru mata pekaran kurang memadai. Dengan demikan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa di kelas IV MI Assegaf Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experiment desigen dalam bentuk one group pretest-posttest desigen. Desain ini dapat membandingkan dua data yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang diujikan yaitu uji t, uji normalitas, dan uji hipotesis. Adapun populasi dan sampel yang diambil adalah kelas IV dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dibantu dengan program SPSS Statistics 23 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil rata-rata belajar pada pre-test adalah 54.00 dan post-test adalah 75.80. hasil ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 21.8. Diketahui bahwa sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan signifikansi bahwa adanya pengaruh dari metode Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Assegaf Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar, Pembelajaran Akhlak Aqidah
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 1559 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2023 08:07
Last Modified: 02 Apr 2023 08:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26174

Actions (login required)

View Item View Item