STEREOTYPE GENDER ATAS IKLAN PEREMPUAN DI MEDIA DIGITAL DALAM PERSPEKTIF PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

ADABIAH, ROBI'ATUL (2022) STEREOTYPE GENDER ATAS IKLAN PEREMPUAN DI MEDIA DIGITAL DALAM PERSPEKTIF PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini berjudul ‘Studi Stereotype Gender Atas Model Iklan Perempuan Di Media Digital Dalam Perspektif Pengembangan Masyarakat Islam’. Iklan merupakan sarana untuk mempromosikan dan memasarkan produk/barang/jasa melalui media digital. Namun, penggunaan ikon-ikon berbau seksualitas pada tampilan model iklan perempuan dalam mencari keuntungan dimungkinkan dapat memperkokoh stereotype gender yang memang sudah ada dalam nilai-nilai di masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana konsep gender dalam perspektif pengembangan masyarakat Islam, serta telaah stereotype gender atas pemberdayaan perempuan sebagai model iklan di media digital. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan untuk mengumpulkan informasi dan data-data secara mendalam melalui berbagai literatur buku, artikel, dan referensi lainnya. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dari data dokumentasi yang didapatkan peneliti dari buku-buku yang berhubungan dengan kajian gender di ranah stereotype terkait objek penelitian, dan data sekunder yang didapatkan peneliti dari artikel jurnal, skripsi, dan internet maupun berbagai informasi berupa foto, gambar, artikel dalam iklan di media digital yang berguna sebagai tambahan data dalam penelitian. Kemudian analasis data yang digunakan oleh peneliti disini adalah pandangan Islam terhadap perempuan dalam iklan di media digital. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keinginan perempuan untuk mendapatkan hak yang sama dan sejajar dengan laki-laki harus didasari dengan memahami konsep gender dalam perspektif pengembangan masyarakt Islam yakni, kesetaraan berdasarkan yang terdapat dalam al-Qur’an meliputi penghapusan diskriminasi dan ketidakadilan struktural di masyarakat. khususya, model perempuan dalam iklan di media digital dengan melalui gerakan pemberdayaan perempuan maupun penyadaran terhadap pihak pengiklan yang harus lebih sensitif gender, sehingga tidak terjadi lagi pemapanan stereotype negatif yang merugikan pihak perempuan. Kata kunci: Stereotype, Gender, Media Digital, Iklan, Perempuan, Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Stereotype, Gender, Media Digital, Iklan, Perempuan, Islam.
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Perpustakaan umum
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Ensiklopedia Umum
Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Robiatul Adabiah -
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:31
Last Modified: 04 Apr 2023 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26216

Actions (login required)

View Item View Item