Tinjauan hukum pidana islam mengenai pelarangan pesta rakyat yang dilakukan pada malam hari di kabupaten Musi rawas utara berdasarkan peraturan daerah kabupaten Musi rawas utara no. 17 tahun 2019 (studi di desa maur lama kecamatan Rupit kabupaten Musi rawas utara )

Darselo, Nurjulia (2023) Tinjauan hukum pidana islam mengenai pelarangan pesta rakyat yang dilakukan pada malam hari di kabupaten Musi rawas utara berdasarkan peraturan daerah kabupaten Musi rawas utara no. 17 tahun 2019 (studi di desa maur lama kecamatan Rupit kabupaten Musi rawas utara ). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Nurjulia full bab.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Tinjauan Hukum Pidana Islam Mengenai Larangan Pesta Malam Di Kabupaten Muratara Berdasarkan Perda Kab. Muratara No. 17 Tahun 2019 Tentang pesta Rakyat (Studi Di Desa Maur Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara). Acara didefinisikan sebagai kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati hal-hal penting sepanjang hidup manusia baik secara individu atau kelompok yang terkait dengan adat, budaya, tradisi dan agama yang diselenggarakan untuk tujuan tertentu serta melibatkan lingkungan masyarakat yang diselenggarakan pada waktu tertentu. Persoalan dari penelitian ini diindikasikan bahwasanya masyarakat Desa Maur Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara mengadakan pesta malam tidak sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Musi Rawas Utara No. 17 Tahun 2019 Tentang Pesta Rakyat. Dalam konteks tersebut, masalah yang akan dibahas dirumuskan menjadi pemberlakuan larangan pesta malam dan tinjauan hukum pidana Islam terhadap larangan pesta malam di Kabupaten Musi Rawas Utara menurut Peraturan Daerah Kabupaten Musi Rawas Utara No. 17 Tahun 2019 Tentang Pesta Rakyat. Penelitian ini termasuk yuridis empiris, sedangkan spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, adapun sample yang digunakan di dalam penelitian ini diambil berdasarkan jenjang kepangkatan (strative). Penelitian ini disimpulkan secara induktif. Kesimpulan dari kajian ini adalah Masyarakat sangat perlu sosialisasi mengenai hukum. Melalui pendekatan positivistiklah sangat diperlukan dalam menjelaskan kepada masyarakat, mengingat pendekatan positivistik akan dapat mengatasi kelemahan- kelemahan pendekatan alam karena adanya dasar ide ilmiah memerlukan acuan empiris. Dari Pandangan hukum Islam tentang pesta malam adalah haram, karena dampak moral yang ditimbulkan tersebut bertentangan dengan syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: NURJULIO DARSELO 1820103135
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:09
Last Modified: 06 Apr 2023 02:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26282

Actions (login required)

View Item View Item