KARTADIKARYA, 12 222 053 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII MTS PATRA MANDIRI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
KARTADIKARYA (12222053).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap penguasaan konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di MTs Patra Mandiri Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E sebagai variabel bebas dan penguasaan konsep sebagai variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent-Control Groups Design, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes tulis (pretest-postest) dan dokumentasi. Tes tulis (pretest-postest) digunakan untuk melihat kemampuan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Analisis data tes menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan uji hipotesis data kelas kontrol dan kelas eksperimen maka diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05, berbeda signifikan. Nilai postest kelas eksperimen secara keseluruhan dapat dikatakan sangat baik, dengan perolehan rata-rata 84,00, sedangkan hasil nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 73,33. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap penguasaan konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Patra Mandiri Palembang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 5E; Penguasaan Konsep Siswa; Pencemaran Lingkungan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 07:43 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 07:43 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/2631 |
Actions (login required)
View Item |