ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATERI PERKALIAN DI SD NEGERI 40 PALEMBANG

Eka Putri, Fadhilah (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATERI PERKALIAN DI SD NEGERI 40 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I Fix Eka Putri Fadhilah.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Fix Eka Putri Fadhilah.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas II pada materi perkalian. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II A semester 1 Sekolah Dasar Negeri 40 Palembang. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas II A, sedangkan informan selanjutnya adalah siswa kelas II A yang berkesulitan belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran materi perkalian pada siswa kelas II terletak pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kesiapan bahan ajar dan alat peraga sesuai dengan standart kompetensi dan kompetensi dasar. Kesulitan belajar siswa kelas II pada materi perkalian di SD Negeri 40 Palembang dipengaruhi beberapa hambatan yang mempengaruhi anak kesulitan belajar seperti: (1) anak belum lancar membaca, (2) masih kurang lancar dalam berhitung, (3) belum hapal perkalian, (4) lambat dalam berkonsentrasi atau fokus dalam belajar, (5) rendahnya keterampilan dasar matematika seperti kurangnya memahami soal, dan (6) kesalahan penulisan jawaban yang kurang tepat. Strategi yang digunakan guru yaitu pembelajaran aktif yang melibatkan siswa secara langsung atau strategi active learning dan menggunakan metode dalam pembelajaran perkalian yaitu bermain sambil belajar atau metode fun learning. Solusi guru dalam mengatasi siswa yang kesulitan belajar dipertimbangkan dalam: memberikan pengajaran perbaikan (remedial); memberikan kegiatan pengulangan bahan ajar (pengayaan); memberikan motivasi belajar; mengembangkan konsep dasar matematika yang tepat; merefleksi kembali konsep matematika dengan teori atau rumus yang telah dipelajari; memaksimalkan media pembelajaran, dan diberikan tugas rumah untuk mengasah kemampuannya dalam berhitung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Materi Perkalian, Strategi Guru.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: EKA PUTRI FADHILAH 1930201211
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:09
Last Modified: 06 Apr 2023 02:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26311

Actions (login required)

View Item View Item