Penerapan Pendekatan Pembelajaran Nazhoriyatu al-Wahdah Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas Bilingual MAN 3 Palembang

Rohayati, Enok (2015) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Nazhoriyatu al-Wahdah Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas Bilingual MAN 3 Palembang. Intizar, 21 (1). pp. 95-118. ISSN e-2477-3816, p-1412-1697

[img]
Preview
Text
Jurnal Intizar (Penerapan Pendekatan Pembelajaran Nazhoriyatu Al-Wahdah Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas Bilingual Di MAN 3 Palembang).pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Artikel penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran bahasa Arab sementara rata-rata guru memberikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode yang masih monoton, yaitu ceramah sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai secara maksimal. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, penerapan pendekatan pembelajaran Naẓoriyatu Al-Waḥdah telah berjalan sangat baik di kelas billingual MAN 3 Palembang dalam mata pelajaran bahasa Arab. Kedua, kemampuan berbahasa Arab kelas bilingual MAN 3 Palembang tersebut dengan kategori baik. Ketiga,fakta di lapangan guru bahasa Arab dapat saling tukar pikiran dalam menyelesaian permasalahan kebahasaan siswa, dan mereka dapat menyadari bahwa mereka adalah guru bahasa Arab yang baik. Keempat, hambatan-hambatan dalam penerapan pendekatan pembelajaran Naẓoriyatu al�Waḥdah yakni linguistik maupun non-linguistik. Kelima,faktor-faktor yang mendukung perkembangan pembelajaran Naẓoriyatu Al-Waḥdah ada 3 (tiga) faktor, yaitu: lingkungan, sarana prasana dan media pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Kurikulum
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:45
Last Modified: 06 Apr 2023 03:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26336

Actions (login required)

View Item View Item