Rohayati, Enok (2018) Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep untuk Mata Kuliah Qawaid Terhadap Daya Ingat Mahasiswa. TAPIS; Jurnal Penelitian Ilmiah, 02 (1). pp. 128-155. ISSN p.2579-3233, e.2580-068x
|
Text
Jurnal Tapis (Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep Untuk Mata Kuliah Qowaid Terhadap Daya Ingat Mahasiswa).pdf Download (434kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang melalui penggunaan model pembelajaran advance organizer berbasis peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek penelitian sebanyak 40 mahasiswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas control dengan menjadikan daya ingat sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes perbuatan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Target penelitian ini yaitu peningkatan daya ingat mahasiswa mencapai kriteria sangat baik minimal dengan perolehan nilai mencapai 81%. Data pra survey menunjukan rerata daya ingat mahsiswa pada kelas eksperimen mencapai 4,59%, sedangkan kelas control mencapai 4,45%. Setelah diberikan threatment dengan model pembelajaran Advance Organizer berbasis Peta Konsep, maka diperoleh daya ingat mahasiswa pada kelas eksperimen meningkat dengan nilai rata-rata mencapai 8,05%. Sedangkan kelas kontrol yang diberikan metode ceramah hanya meningkat mencapai 6,64%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Advance Organizer berbasis peta konsep dapat meningkatkan daya ingat mahasiswa pada mata kuliah Qowaid.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 04:09 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 04:09 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26339 |
Actions (login required)
View Item |