Implementasi Pengaturan Akta Ikrar Wakaf (AIW) Tanah Wakaf Dalam Hukum Wakaf Indonesia Sebagai Upaya Mewujudkan Tanah Wakaf Produktif (Kasus-Kasus AIW Tanah Wakaf di Kota Palembang)

Rochmiyatun, Siti and Fitriyati, Yusida (2018) Implementasi Pengaturan Akta Ikrar Wakaf (AIW) Tanah Wakaf Dalam Hukum Wakaf Indonesia Sebagai Upaya Mewujudkan Tanah Wakaf Produktif (Kasus-Kasus AIW Tanah Wakaf di Kota Palembang). Rafah Press bekerjasama dengan LP2M UIN Raden Fatah, Palembang. ISBN 978-602-0778-08-2

[img]
Preview
Text
implementasi_AIW.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak Undang-Undang Wakaf memerintahkan adanya pengelolaan dan pengembangan harta benda wakaf secara produktif, AIW bagi nazhir menjadi dasar dalam melaksanakan tugas pengelolaan tanah wakaf seuai dengan peruntukannya, dan sesuai dengan keinginan wakif, oleh karena itu format maupun substansi dalam AIW harus mampu mendukung dilaksanakannya pengelolaan secara produktif. Penelitian ini ingin menjelaskan, 1) Bagaimana pengaturan tentang Akta Ikrar Wakaf (AIW) tanah wakaf dalam Hukum Wakaf Indonesia? 2. Bagaimanakah implementasi peraturan tentang Akta Ikrar Wakaf (AIW) tanah wakaf dalam hukum Hukum Wakaf Indonesia dan upaya-upaya mengatasi hambatan dalam imlementasi tersebut bagi terwujudnya tanah wakaf produktif di Kota Palembang? Adapun hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) peraturan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 75/1978, mengatur tentang format dan isi Akta Ikrar Wakaf. Pengaturan tentang format dan isi Akta Ikrar Wakaf khususnya formular model W2 dan W3 tersebut belum mengakomodir sepenuhnya keinginan Undang-Undang Wakaf. Peraturan ini mengandung beberapa kelemahan yang dapat menghambat adanya pengelolaan tanah wakaf produktif. 2) Implementasi peraturan tentang Akta Ikrar Wakaf (AIW) pada umumnya Akta Ikrar Wakaf di Palembang dapat diimplementasikan dengan baik, namun Akta Ikrar Wakaf (AIW) tanah wakaf masjid khususnya tanah wakaf masjid yang berpotensi untuk dikelola produktif, dapat menghambat untuk pengelola masjid memahami peruntukan yang tertera dalam AIW tidak dapat ditambah dengan peruntukan lainnya. Oleh karena it uke depan format dan substansi AIW, selain harus memenuhi keinginan Undang-Undang Wakaf, juga harus mampu menjamin nazhir akan mewujudkan keinginan wakif.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Akta Ikrar Wakaf, Tanah Wakaf, Produktif
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: YUSIDA FITRIYATI 197709152007102001
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:19
Last Modified: 11 Apr 2023 01:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26457

Actions (login required)

View Item View Item