Yunita, Yunita and Ahmad, Zainuri and Ibrahim, Ibrahim and Achmad, Zulfi and Mulyadi, Mulyadi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of Educational Management, 4 (1). pp. 16-25. ISSN 2721 - 2106
|
Text
2122-Article Text-5369-1-10-20230215(2).pdf Download (679kB) | Preview |
|
Text
zay-doc.docx Download (498kB) |
Abstract
Artikel ini membahas Implementasi kurikulum merdeka belajar di Pondok Pesantren Jami’atul Qurro’ Palembang, dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana proses implementasi kurikulum merdeka belajar di Pondok Pesantren Jami’atul Qurro’. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan dekriptif. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam kurikulum merdeka belajar sudah dilaksanakan, dengan melihat esensi dari Profil Pelajar Pancasila yakni akhlak mulia, berkebhinekaan global, berpikir kritis, gotong royong, mandiri dan kreatif. Dalam proses implemenytasi dimulai dari rencana penerapan, pelaksanaan dan evaluasi. Proses perencanaannya dengan menentukkan rancangan - rancangan kurikulum merdeka dan meng ikuti workshop - workshop mengenai kurikulum merdeka belajar sebelum menerapkan kurikulum meredeka belajar, dilanjutkan dengan proses implementasi dan juga ada proses evaluasi yang dijalankan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kendala pelaksanaan kurikulu m merdeka ialah pada saat pelaksanaan kurikulum mandiri masih terlalu dini untuk diterapkan serta rata - rata masih menggunakan K13 sehingga implementasi kurikulum masih ditindaklanjuti dalam proses perbaikan dan persiapan. Kemudian harus ada sosialisasi kur ikulum merdeka belajar juga perlu disosialisasikan dengan intens dan sebaik - baiknya supaya kurikulum merdeka belajar ini bisa terlaksana dengan baik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 00:51 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 00:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26462 |
Actions (login required)
View Item |