KURIKULUM PENDIDIKAN MUADALAH ULA DI PONDOK PESANTREN DARUNNUR ALMUSTHAFA PALEMBANG

Ahmad, Zainuri and Yunita, Yunita and Ibrahim, Ibrahim and Ani, Marlia and Mohammad, Harist Al Agam and Lidia, Oktavia (2022) KURIKULUM PENDIDIKAN MUADALAH ULA DI PONDOK PESANTREN DARUNNUR ALMUSTHAFA PALEMBANG. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2 (4). pp. 215-226. ISSN 2961-7588

[img]
Preview
Text
document(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Doc3.docx

Download (352kB)

Abstract

Abstrak: Artikel ini membahas Kurikulum Pendidikan Muadalah Ula di Ponpes Darunur Al-Musthafa Palembang. Penelitian ini bertujuan menganalisis manajemen dan implementasi Kurikulum Muadalah Tingat Ula. Jenis penelitian adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara langsung dengan pengurus dan juga pimpinan pondok beserta para asatidz pondok pesantren, serta dilakukan penggalian data melalui dokumentasi terkait kurikulum yang dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren Darunnur Almusthafa sudah menerapkan kurikulum Muadalah Ula dengan baik, kurikulum ini merupakan kurikulum penyetaraan dan telah ditetapkan sebagai lembaga yang setara dengan lembaga pendidikan formal lainnya oleh Kementerian Agama. Ini penting dilaksanakan oleh lembaga agar santri memiliki pengakuan dalam proses pendidikan dan ketika santri keluar dari Pondok Pesantren bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan ada pengakuan yang jelas

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Sekolah dan agama
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 10 Apr 2023 00:56
Last Modified: 10 Apr 2023 00:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26463

Actions (login required)

View Item View Item