TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PERATURAN PRESIDEN NOMOR 76 TAHUN 2020 TENTANG PENGEMBANGAN KOMPETENSI KERJA MELALUI PROGRAM KARTU PRAKERJA

Wulandari, Hindun and Antasari, RR. Rina and Afriansyah, Syafran (2021) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PERATURAN PRESIDEN NOMOR 76 TAHUN 2020 TENTANG PENGEMBANGAN KOMPETENSI KERJA MELALUI PROGRAM KARTU PRAKERJA. Jurnal Muamalah, 7 (1). pp. 204-226.

[img]
Preview
Text
Artikel Syafran.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
3992

Download (3kB)

Abstract

Pengangguran merupakan masalah serius yang sampai saat ini belum bisa di atasi oleh Pemerintah Indonesia. Bagaikan adik kandung antara pengangguran dan kemiskinan keduanya tidak dapat terpisahkan. Karena dengan meningkatnya pengangguran maka secara otomatis tingkat kemiskinan di negeri ini juga akan meningkat. Pemerintah sebagai pemegang otoritas kebijakan diharapkan mampu berperan dalam mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan. Dari permasalahan tersebut penulis tertarik mengambil judul skripsi tinjuan hukum ekonomi syariah terhadap peraturan presiden nomor 76 tahun 2020 perubahan atas peraturan presiden nomor 36 tahun 2020 tentang pengembangan potensi kerja melalui program kartu prakerja yang mana penelitian ini untuk mecari tahu apa yang menjadi landasan hukum dari segi filosofis, sosiologis, dan yuridis terciptanya kartu praakerja, serta tinjauan hukum ekonomi syariah dari segi asas kemanfaatan dan asas keadilan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu landasan filosofis dari kebijakan kartu prakerja ini Mewujudkan keadilan dalam tujuan Negara yaitu mewujudkan ksejahteraan bangsa Indonesia, dari landasan sosiologis yaitu kepada kebutuhan hidup masyarakat akan pekerjaan yang layak untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dan dari segi yuridis yaitu Memberikan dasar hukum yang jelas terhadap komisi pembrantasan korupsi bahwa korupsi menghancurkan setiap tatanan kehidupan suatu bangsa.dan dari asas kemanfaatan yaitu membentu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh peserta serta mendapatkan modul pelatihan dan dari segi asas keadilan, keadilan dalam hal program kartu prakerja ini hanya keadilan dalam biaya insentif serta fasilitas kartu prakerja.

Item Type: Article
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:27
Last Modified: 11 Apr 2023 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26487

Actions (login required)

View Item View Item