Putri, Salsabila Ineke (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 074 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB V CACA.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 CACA.pdf Download (248kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran memiliki aspek yang sangat penting dalam proses pembelajaran yang digunakan untuk dapat membantu peserta didik menjalankan pembelajaran dengan baik, model pembelajaran dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan dengan sendirinya termotivasi untuk selalu belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dan pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar peserta didik, mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah diterapkan-nya model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi serta dokumentasi. Uji Keabsahan data penelitian ini ialah uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis data ialah uji normalitas dan homogenitas. Tekhnik analisis data yang digunakan uji Independent Simple T Test. Hasil penelitian sebelum menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT) kelas eksperimen diperoleh data dengan kategori motivasi belajar tinggi 16%, motivasi belajar kategori sedang 59%, dan motivasi belajar kategori rendah 25%. Setelah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) kelas eksperimen diperoleh data dengan kategori motivasi belajar tinggi 38%, motivasi belajar dengan kategori sedang 34%, dan motivasi belajar dengan kategori rendah 28%. Motivasi belajar tanpa menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dikelas kontrol diperoleh data dengan kategori motivasi belajar tinggi10%, motivasi belajar dengan kategori sedang 48%, dan motivasi belajar dengan kategori rendah 42%. Hasil uji Independent Sample T Test diperoleh nilai signifikan yaitu 0,005 <0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti adanya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 074 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Teams Games Tournament, Motivasi Belajar |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | SALSABILA INEKE PUTRI 1910201011 |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 02:20 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 02:20 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26493 |
Actions (login required)
View Item |