Hubungan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SD Negeri 04 Payaraman

Sonata, Pikaria (2023) Hubungan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SD Negeri 04 Payaraman. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Game online atau sering disebut online games merupakan sebuah permainan yang dimainkan di dalam suatu jaringan ( baik LAN maupun internet) berbasis elektronik dan visual yang menyediakan server-server tertentu agar bisa dimainkan. Game online ini sangat digemari oleh siswa SD, SMP, dan SMA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan game online terhadap minat belajar siswa SD Negeri 04 Payaraman. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dan sampelnya adalah siswa kelas VI dengan jumlah siswa 71 orang terdiri dari 39 laki-laki dan 32 perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Teknik pengumpulan data : observasi, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus uji korelasi product moment dengan menggunakan bantuan SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan angket yang dibagikan pada 71 siswa SD, sebagian besar siswa menggunakan game online ini hanya sebagai media hiburan saja, karena bermain game merupakan salah satu bentuk refreshing untuk megalihkan perhatian dari suatu masalah dan mengurangi stress. Dan kebanyakan siswa mampu membagi waktu antara belajar dan bermain game, sehingga tidak semua siswa SD Negeri 04 Payaraman menjadi kecanduan bermain game online dan karena anak- anak kebanyakan dikontrol oleh orang tua masing-masing, sehingga siswa tetap melakukan kewajibannya sebagai seorang pelajar. .Berdasarkan dari perhitungan variabel X dan variabel Y menggunakan SPSS korelasi product moment maka dapat diketahui bahwa tidak terdapat hubungan game online terhadap minat belajar. Hal ini dapat dilihat dari Hasil korelasi pearson product moment, menunjukkan bahwa hasil korelasinya adalah sebesar -0,170. Dan jika di lihat dari tabel interprestasi koefisien korelasi maka tingkat hubungannya berada pada skala sangat rendah. Maka dari itu dapat di simpulkan bahwa nilai signifikansi sebesar lebih dari tingkat alpha (0,155 > 0,05) maka hipotesis nol diterima, artinya tidak terdapat hubungan yang berarti antara game online dengan minat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Game Online, dan Minat Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: PIKARIA SONATA 1930201198
Date Deposited: 13 Apr 2023 01:35
Last Modified: 13 Apr 2023 01:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26506

Actions (login required)

View Item View Item