POLA PEMBINAAN KEGIATAN KEMAHASISWAAN INTRAKAMPUS DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER MAHASISWA (STUDI DI UIN RADEN FATAH PALEMBANG)

OVIYANTI, FITRI and Rochmiatun, Siti (2020) POLA PEMBINAAN KEGIATAN KEMAHASISWAAN INTRAKAMPUS DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER MAHASISWA (STUDI DI UIN RADEN FATAH PALEMBANG). CV. Amanah, Jl. Mayor Mahidin No. 142 Telp/Fax : 366 625 Palembang – Indonesia 30126. ISBN 978-623-250-249-9

[img]
Preview
Text
Lengkap Fitri Oviyanti (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Fitri O_46x33 (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mahasiswa merupakan aset yang sangat penting bagi perguruan tinggi dan masyarakat, karena mahasiswa sebagai agent of change yang dapat membawa warna baru yang positif bagi kemajuan bangsa. Oleh sebab itu, perlu sekali mahasiswa dibekali dengan karakter yang baik, disamping kemampuan akademisnya yang mumpuni dan keterampilannya yang teruji. Untuk itu, Perguruan Tinggi harus mengambil peran yang besar dalam membentuk dan membina karakter mahasiswa. Banyak media bagi pembentukan karakter mahasiswa, salah satunya melalui kegiatan organisasi kemahasiswaan intrakampus (OMIK) yang sangat akrab dengan kehidupan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pola pembinaan OMIK di UIN Raden Fatah Palembang, menganalisis karakter mahasiswa yang aktif di OMIK, dan menganalisis atau memetakan pola pembinaan OMIK dalam membentuk karakter mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Informen penelitian adalah mahasiswa (pengurus) organisasi kemahasiswaan intrakampus yang ada di UIN Raden Fatah Palembang, meliputi pengurus Senat Mahasiswa dan Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Raden Fatah, pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data, dilakukan triangualasi sumber dan teknik. Data dianalisis menggunakan teknik Miles and Huberman dengan tahapan data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembinaan OMIK di UIN Raden Fatah yang dominan ada dua bentuk, yaitu pola pembinaan yang bersifat otoriter dan demokratis. Dalam prosesnya, pembinaan pada OMIK dilakukan dua arah, yaitu oleh pimpinan perguruan tinggi (WR 3 dan WD 3), dan kedua, pembinaan yang dilakukan oleh internal organisasi kemahasiswaan sendiri yang dilakukan oleh pengurus inti dan alumni atau senior. Karakter tanggung jawab, peduli sosial, dan cinta tanah air berkembang dengan baik dan sangat baik, sesuai dengan kekhususan organisasi kemahasiswaan masing-masing. Maksudnya, dari enam bentuk OMIK yang menjadi fokus penelitian ini menunjukkan perkembangan karakter yang berbeda. Pola pembinaan yag ada pada masing-masing organisasi kemahasiswaan intrakampus ternyata berdampak signifikan pada pembentukan karakter mahasiswa yang aktif di dalamnya. Pola pembinaan yang diterapkan di UKMK Pramuka, misalnya terbukti dapat mengembangkan karakter tanggung jawab, peduli sosial, dan cinta tanah air dengan sangat baik. Begitu pula dengan UKMK LDK dan LPTQ & D yang dapat mengembangkan ketiga karakter tersebut dengan baik. Atau pun UKM MENWA yang ternyata dapat mengembangkan karakter tanggung jawab dan cinta tanah air dengan sangat baik. Kata kunci : Pola pembinaan, organisasi kemahasiswaan intrakampus, pendidikan karakter. vi ABSTRACT

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:55
Last Modified: 11 Apr 2023 01:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26574

Actions (login required)

View Item View Item