TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP UPAYA PEMBERANTASAN PEREDARAN MINUMAN KERAS DI DESA MEKAR SARI KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN

Lesmana, Indra (2023) TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP UPAYA PEMBERANTASAN PEREDARAN MINUMAN KERAS DI DESA MEKAR SARI KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Upaya Pemberantasan Peredaran Minuman Keras Di Desa Mekar Sari Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin dilatar belakangi oleh adanya keinginan penulis untuk mengetahui bagaimana pandangan hukum yang berlaku di Indonesia dan hukum Islam terhadap upaya pemberantasan peredaran minuman keras. Minuman keras banyak beredar dan dikonsumsi baik di kota maupun di pelosok desa sekalipun tak terkecuali di Desa Mekar Sari Kecamatan Muara Telang karena banyak penjual yang mengedarkan minuman keras ini secara ilegal, para pengedar minuman keras di Desa Mekar Sari tidak memiliki izin yang resmi untuk menjualnya. Oleh karena itu banyak konsumen yang mengkonsumsi minuman keras di hari-hari biasa maupun ketika ada acara hiburan rakyat dengan mudah untuk mendapatkannya. Dari permasalahan ini maka penulis mengambil rumusan masalah yaitu: pertama, Bagaimana Peran Aparat Kepolisian Dan Tokoh Agama Islam Dalam Upaya Pemberantasan Peredaran Minuman Keras Di Desa Mekar Sari Kecamatan Muara Telang. Kedua, Bagaimana Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Peredaran Dan Pemberantasan Minuman Keras Di Desa Mekar Sari Kecamatan Muara Telang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu field research (lapangan) dengan pendekatan deskripstif kualitatif yang dilakukan dengan teknik wawancara secara medalam dan observasi kepada Kepolisian Sektor Muara Telang, Kepala Desa Mekar Sari, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, tokoh agama Desa Mekar Sari dan mantan peminum. Berdasarkan hasil penelitian dan pembehasan maka dapat disimpulkan bahwa dalam upaya pemberantasan peredaran minuman keras di Desa Mekar Sari Kecamatan Muara Telang, Pemerintah Desa, Tokoh Agama Islam Desa Mekar Sari dan Aparat Kepolisian Sektor Kecamatan Muara Telang bekerja sama untuk menjalankan peraturan, memberikan penyuluhan dan penegasan sanksi terhadap masyarakat yang melangarnya. Dari penyuluhan tersebut mencegah dari perkumpulan-perkumpulan yang bisa menyebabkan terjadinya minum minuman keras dan terjadinya tindak kriminal. Tinjauan hukum pidana Islam mengenai peredaran dan pemberantasan minuman keras baik untuk peminumnya maupun para pengedarnya adalah suatu perbuatan yang haram karena aturannya sudah jelas dan tegas di dalam Al-Quran maupun dalam Hadist. Kata Kunci: Minuman Keras, Aparat Kepolisian, Pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Minuman Keras, Aparat Kepolisian, Pemerintah.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: INDRA LESMANA 1820103106
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:42
Last Modified: 13 Apr 2023 06:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26604

Actions (login required)

View Item View Item