PERAN SAKSI AHLI DALAM PEMBUKTIAN KASUS PEMALSUAN SURAT PADA PERKARA NO : LPB / 196 / I / 2018 / SUMSEL / RESTA / SPKT DI POLRESTABES PALEMBANG DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM

Yunita, Purnama (2023) PERAN SAKSI AHLI DALAM PEMBUKTIAN KASUS PEMALSUAN SURAT PADA PERKARA NO : LPB / 196 / I / 2018 / SUMSEL / RESTA / SPKT DI POLRESTABES PALEMBANG DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Yunnita Purnama-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

iii ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Peran saksi ahli dalam pembuktian kasus pemalsuan surat pada perkara NO / LPB / 196 / I / 2018 / SUMSEL / RESTA / SPKT di Polrestabes Palembang dalam perspektif hukum pidana Islam. Peran saksi ahli diartikan untuk menyakinkan penyidik ketika alat bukti yang diajukan kurang optimal dan untuk membantu pengungkapan dan pemeriksaan suatu tindak pidana. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari permasalahan yaitu tentang Bagaimana peran saksi ahli di dalam kasus pemalsuan surat di Polrestabes Palembang, Bagaimana pandangan hukum pidana Islam terhadap peran saksi ahli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriftif. Jenis data yang digunakan adalah data kualititatif, yaitu data yang berbentuk uraian dari beberapa informasi, wawancara dan dokumentasi yang didapatkan dari Polrestabes Palembang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Peran saksi ahli di Polrestabes dihadirkan kompetensinya sebagai ahli hukum pidana. Dalam penyidikan ahli memberikan keterangan sesuai dengan pengetahuan dan keahliannya di bidang hukum pidana sehingga membuat terang suatu perkara, opini dan fakta yang terungkap ketika keterangan saksi ahli diungkapkan menjadi petunjuk untuk berjalannya proses penyelesaian tindak pidana. Pandangan hukum pidana Islam dalam pembuktian kasus pemalsuan surat yaitu menggunakan saksi orang yang baliqh, berakal, kuat ingatan, dapat berbicara, dapat melihat, adil, dan Islam. Kata Kunci : Peran, Saksi Ahli, Pembuktian, Pemalsuan Surat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: YUNNITA PURNAMA 1830103199
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:21
Last Modified: 14 Apr 2023 02:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26664

Actions (login required)

View Item View Item