Analisis Semiotika dan Komposisi Pada Landscape Photography (Studi Terhadap Foto Landscape Berlatar Sungai Musi dalam Akun Instagram Eko Ryan Saputra)

Sabanda, Edo (2022) Analisis Semiotika dan Komposisi Pada Landscape Photography (Studi Terhadap Foto Landscape Berlatar Sungai Musi dalam Akun Instagram Eko Ryan Saputra). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
EDO SABANDA - COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
EDO SABANDA - ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text
EDO SABANDA - BAB I-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
EDO SABANDA - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Analisis Semiotika dan Komposisi Pada Landscape Photography (Studi Terhadap Foto Landscape Berlatar Sungai Musi dalam Akun Instagram Eko Ryan Saputra)”. Dalam proses menghasilkan karya fotografi landscape yang berkualitas membutuhkan perencanaan yang baik dengan memperhatikan konsep, komposisi, dan pesan yang ingin disampaikan. Foto landscape berlatar sungai musi dalam akun Instagram Eko Ryan Saputra ini terdiri dari 7 foto. Sungai Musi di Sumatera Selatan, memiliki arti penting bagi sepanjang daerah alirannya. Ikan dan kekayaan alam yang berlimpah menjadikan sungai musi menjadi suatu keindahan alam yang harus dijaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi yang digunakan pada landscape photography berlatar sungai musi karya Eko Ryan Saputra dan menganalisis makna dan pesan yang disampaikan pada landscape photography berlatar sungai musi karya Eko Ryan Saputra dengan analisis semiotika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terhadap objek penelitian, foto-foto landscape tersebut menerapkan format dan jenis komposisi yang berbeda-beda mulai dari Rule of Third, Framing, Reflction, Simetris, dan Golden Ratio. Dalam penyampaian pesan, berdasarkan teori analisis semiotika Roland Barthes, foto-foto landscape tersebut mengandalkan kekuatan visual (gambar) dan komposisi yang seimbang untuk menghasilkan makna yang kuat. Makna denotasi yang umumnya menggambarkan keindahan alam sungai musi di Musi Banyuasin. Sedangkan makna konotsainya secara umum bercerita tentang kehidupan dan kemanusiaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Fotografi landscape, Komposisi, Semiotika
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: EDO SABANDA 1830503083
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:25
Last Modified: 14 Apr 2023 02:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26738

Actions (login required)

View Item View Item