Hasil Cek Similarity "Optimasi Waktu Inkubasi dalam Pembuatan Tempe Biji Karet", Integrated Lab Journal, Vol. 10, No. 2, pp 75-82

Fitria, Nadyatul and Syamsuri, M. Mahfudz Fauzi (2022) Hasil Cek Similarity "Optimasi Waktu Inkubasi dalam Pembuatan Tempe Biji Karet", Integrated Lab Journal, Vol. 10, No. 2, pp 75-82. UIN Raden Fatah Palembang, Palembang.

[img]
Preview
Text
Cek Similarity_Optimasi Waktu Inkubasi dalam Pembuatan Tempe Biji Karet.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu olahan pangan, tempe biasanya dibuat dari peragian kedelai dengan jamur Rhizopus sp. Sering kali terjadi kenaikan bahan baku tempe tersebut karena ketersediaannya yang terbatas di pasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat tempe dengan biji karet sebagai bahan baku alternatif, menentukan waktu inkubasi optimumnya, dan mengetahui sifat organoleptiknya berdasarkan respon panelis. Penelitian ini menggunakan variasi waktu 24 jam, 36 jam, 48 jam, 60 jam, dan 72 jam dan pengujian sifat organoleptiknya menggunakan 10 orang panelis. Hasil penelitan ini mendapatkan waktu inkubasi optimum tempe biji karet selama inkubasi 48 jam. Hasil uji organoleptik menunjukkan bahwa tempe biji karet memiliki rasa yang khas seperti tempe kedelai dengan kriteria sangat tinggi serta memiliki aroma yang khas seperti tempe kacang kedelai, warna yang putih, dan tekstur yang lunak dengan kriteria tinggi.

Item Type: Other
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 540 Kimia dan ilmu yang terkait
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 47201 - Kimia
Depositing User: Mr M. Mahfudz Fauzi Syamsuri
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:14
Last Modified: 14 Apr 2023 02:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26757

Actions (login required)

View Item View Item