Angun, Purnama Sari and Karoma, Karoma and Bukhori, K.A. and Andi, Putra Sairi (2020) Analisis Persepsi Peserta Didik Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Fisika SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP). pp. 1-15.
|
Text
5568-Article Text-18801-1-10-20200719.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Guru sebagai fasilitator harus mampu menggunakan dan memilih bahan ajar yang baik. Salah satu bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran yaitu LKPD. Dalam menyusun LKPD guru harus memiliki kompetensi khusus. sehingga persepsi peserta didik akan terbentuk dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negeri 8 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian dipilih melalui purposive sampling yang berdasarkan kriteria interaksi tertinggi dalam pembelajaran Fisika di kelas XI MIPA 1 tahun 2019/2020 dengan jumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian bahwa persepsi peserta didik terhadap kriteria kualitas LKPD pada pembelajaran Fisika mengenai kriteria kualitas LKPD terdapat tiga syarat yaitu syarat didaktik meliputi LKPD yang mengikuti asas belajar mengajar yang efektif telah terlaksana dengan sangat baik yang menunjukkan persentasi sebesar 84, 72%, syarat konstruksi meliputi LKPD yang mempunyai cara penulisan menurut aturan baku telah terlaksana dengan sangat baik yang menunjukkan persentasi sebesar 86, 11%, dan syarat teknis meliputi LKPD yang mempunyai penampilan menarik telah terlaksana dengan sangat baik yang menunjukkan persentasi sebesar 89, 81%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 05:43 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 05:43 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26795 |
Actions (login required)
View Item |