Evaluasi Pesantren dalam Meningkatkan Efektivitas Menghapal Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Ittifaqiyah Indralaya

Mabsud, Mabsud and Aflatun, Muchtar and Bukhori, K.A. (2020) Evaluasi Pesantren dalam Meningkatkan Efektivitas Menghapal Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Ittifaqiyah Indralaya. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9 (2). pp. 291-302.

[img]
Preview
Text
6105-Article Text-25185-1-10-20210516.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana pelaksanaan program Tahfiz al-Qur’an di Madrasah Tsananawiyah Al-Ittifaqiyah Indralaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan evaluatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Dari data tersebut dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan evaluasi konteks ditemukan data bahwa Madrasah Tsanawiyah Al-Ittifaqiyah melaksanakan pembelajaran Tahfiz al-Qur’an dalam rangka mencetak kader ulama yang bertanggungjawab bagi syiar Islam yang berciri khas al-Qur’an. Dengan dukungan dari berbagai elemen yang ada di Madrasah Tsanawiyah sehingga siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, kemudian setiap siswa secara garis besar sudah mampu membaca al-Qur’an dengan baik sebelum masuk ke Madrasah Tsanawiyah, untuk sarana prasarana sudah cukup baik, ditambah juga kompetensi profesional guru-guru al-Qur’an. Evaluasi proses dari metode maupun perencanaan dikategorikan cukup baik dengan faktor pendukung program yang sangat banyak. Kemudian dari segi evaluasi produk menghasilkan siswa dari serangkaian evaluasi yang dilaksanakan mayoritas mampu membaca al-Qur’an, bahkan berprestasi di bidang tilawah dan hafiz al-Qur’an, baik tingkat regional maupun nasional.

Item Type: Article
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x0 Karya Islam Umum
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:02
Last Modified: 14 Apr 2023 06:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26798

Actions (login required)

View Item View Item