PENDEKATAN ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI (Studi Kasus Pada Karang Taruna Desa Air Keruh Kecamatan Rambang Kabupaten Muara Enim)

PLARISA, DEVI (2022) PENDEKATAN ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI (Studi Kasus Pada Karang Taruna Desa Air Keruh Kecamatan Rambang Kabupaten Muara Enim). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pendekatan Assertive Training Untuk Meningkatkan Konsep Diri (Studi Kasus Pada Karang Taruna Desa Air Keruh, Kecamatan Rambang Kabupaten Muara Enim)”. Dimana orang yang kurang asertif adalah mereka yang memiliki ciri terlalu mudah mengalah atau lemah, mudah tersinggung, mudah cemas, kurang yakin pada diri sendiri, konsep diri mereka yang tidak jelas karena mereka tidak tahu peran apa yang mereka jalankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep diri pada karang taruna desa Air Keruh kecamatan rambang babupaten muara enim. Metode penelitian ini berbentuk deksriptif kualitatif studi kasus, yaitu yang dilakukan secara mendalam terhadap subjek penelitian pada anggota karang taruna yang terdiri dari 5 Orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.Lokasi penelitian berada didesa Air Keruh kecamatan rambang kabupaten muara enim. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu, perjodohan pola, eksplanasi dan analisis deret waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa konsep diri Pada karang taruna desa Air Keruh, kecamatan rambang kabupaten muara enim terlihat sudah lebih aktif dari sebelumnya dan lebih menunjukkan suatu kemampuan dalam berokumunikasi. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik Assertive Training guna mana untuk melatih atau mendorong dan memberanikan klien agar lebih maju lagi dan lebih untuk berpikir rasional dan irasional. Pendekatan Assertive Training digunakan untuk meningkatkan konsep diri Assertive Training iala suatu teknik mengajar manusia untuk mengekpresikan perasaan dan pikiranya secara jujur, menyatakan, merasa, dan bertindak pada asumsi bahwa mereka memiliki hak untuk menjadi diri sendiri. Jadi dapat disimpulkan bahwa konsep diri karang taruna ini sudah lebih aktif dari pada sebelumnya dan sudah lebih menunjukkan suatu kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik dan benar. Kata kunci: Konsep Diri, Teknik Assertive Training, Karang Taruna

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Teknik Assertive Training, Karang Taruna
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: DEVI PLARISA 1830502073
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:55
Last Modified: 17 Apr 2023 01:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26829

Actions (login required)

View Item View Item