Evaluasi Kurikulum Pendidikan: Memastikan Proses Pembelajaran Sesuai dengan Tujuan Pendidikan

Ahmad, Zainuri and Ibrahim, Ibrahim and Yunita, Yunita and Rabial, Kanada and Hidayat, Hidayat (2023) Evaluasi Kurikulum Pendidikan: Memastikan Proses Pembelajaran Sesuai dengan Tujuan Pendidikan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 19 (1). pp. 74-87. ISSN 2549-6474

[img]
Preview
Text
16138-Article Text-49672-1-10-20230413.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Artikel ini membahas tentang evaluasi kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Aulia Cendikia Palembang, deng an latar belakang bahwa evaluasi kurikulum merupakan kegiatan penting dalam pelaksanaan pendidikan pada suatu lembaga pendidikan. Je nis penelitian yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni melalui waw ancara, observasi, dan dokumentasi. H asil yang didapat yakni pelaksanaan evaluasi Kurikulum Pendidikan di Pondok Pesantren Aulia Cendikia Palembang sudah dijalankan dengan sesuai dengan prosedur pelaksanaan dari evaluasi terhadap kurikulum pendidikan. Eval uasi kurikulum memegang perenan penting baik dalam penetuan kebijaksanaan pendidikan pada umumnya, maupun pada pengambilan keputusan dalam kurikulum. Hasil - hasil evaluasi kurikulum dapat digunakan oleh para pemegang kebjaksanaan pendidikan dan para pemegan g kurikulum dalam memeilih dan menetapkan kebjaksanaan pengembangan system pendidikan dan pengembanagan model kurikulum yang digunakan. Hasil - hasil evaluasi kurikulum juga dapat digunakan oleh guru - guru, kepala sekolah dan para pelaksana pendidikan lainnya , dalam memahami dan membantu perkembangan siswa, memilih bahan pelajaran, memilih metode dan alat - alat bantu pelajaran, cara penilaian serta fasilitas pendidikan lainnya

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 17 Apr 2023 00:43
Last Modified: 17 Apr 2023 00:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26859

Actions (login required)

View Item View Item