PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB PADA KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG

AHMAD SUPRIYADI, NIM. 14210017 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB PADA KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Ahmad Supriyadi (14210017).pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran guru pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan nilai-nilai kejujuran dan tanggung jawab pada kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 13 Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peran guru PAI dalam mengimplementasikan nillai kejujuran dan tanggung jawab pada kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 13 Palembang?, (2) Bagaimana tingkat kejujuran dan tanggung jawab siswa pada kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 13 Palembang ?, (3) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai kejujuran dan tanggung jawab pada siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 13 Palembang ?. Tujuan penelitian ini ialah 1). Untuk mengetahui implementai nilai kejujuran dan tanggung jawab di SMA Negeri 13 Palembang 2) Untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai kejujuran dan tanggung jawab di SMA Negeri 13 Palembang Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif, yang memiliki karakteristik alami (natural setting) sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses lebih dipentingkan dari pada hasil, analisis dalam penelitian kualitatif, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini ialah, observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian yang dilakukan penulis yaitu, Pertama, Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi nilai-nilai kejujuran dan tanggung jawab di SMA Negeri 13 Palembang sudah cukup baik dan ini perlu dikembangkan kembali ke depannya khususnya nilai karakter jujur dan tanggung jawab. Kedua, implementasi nilai kejujuran dan tanggung jawab dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan pengembangan diri, budaya sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Adapun implementasi nilai-nilai karakter jujur dan tanggung jawab dengan cara keteladanan, motivasi, fasilatas, pendidik, bimbingan serta pembiasaan. Ketiga, Hambatannya adalah lingkungan siswa, teman sekolah, dan masih ada guru yang tidak mencontohkan keteladanan yang baik seperti datang terlambat kesekolah. Keempat, Sedangkan faktor pendukungnya adalah peraturan sekolah atau tata tertib sekolah yang wajib siswa patuhi sehingga dapat melatih kejujuran dan tanggung jawab siswa dan kegiatan keagamaan di luar jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:48
Last Modified: 14 Feb 2019 07:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/2688

Actions (login required)

View Item View Item