SAKNI, TAUFIK (2021) ANALISIS PERANAN KEPEMIMPINAN DALAM MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA STIT-YPI LAHAT. AL-HIKMAH; Jurnal Pendidikan, 9 (9). pp. 12-18. ISSN p.2406-9590
|
Text
JURNAL_TAUFIK_SAKNI_(ANALISIS_PERANAN_KEPEMIMPINAN_DALAM_MOTIVASI_BELAJAR_MAHASISWA_STIT-YPI_LAHAT)[1].pdf Download (536kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di lingkungan perguruan tinggi dengan responden para mahasiswa. Penulis merumuskan suatu hipotesis, yaitu diduga kepemimpinan dosen memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Yayasan Pendidikan Islam (STIT-YPI) Lahat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional. Responden merupakan Mahasisw Fakultas Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Yayasan Pendidikan Islam (STIT-YPI) Lahat. . Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 39 orang, sehingga telah memenuhi syarat minimal sampel 25 % dari populasi (157 mahasiswa). Data primer didapat dari hasil jawaban responden pada kuesioner yang disebarkan sedangkan data sekunder daiperoleh dari studi pustaka. Metode analisis data menggunakan regresi linear dan koefisien determinasi. Hasil penelitian didapat bahwa nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,78 atau 78%, maka hasil penelitian dapat diinterpretasikan bahwa kepemimpinan dosen berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, artinya jika kepemimpinan dosen baikt maka motivasi belajar juga meningkat. Serta sebesar 22% motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi faktor lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Psikologi pendidikan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 03 May 2023 02:07 |
Last Modified: | 03 May 2023 02:07 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27059 |
Actions (login required)
View Item |