TRADISI BETAWAR BAYI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT (STUDI KASUS DESA KEMANG KECAMATAN LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM)

PEBRIANI, HAMID (2023) TRADISI BETAWAR BAYI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT (STUDI KASUS DESA KEMANG KECAMATAN LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM). Undergraduate Thesis thesis, FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PEB FINAL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tradisi betawar bayi adalah suatu tradisi yang dilakukan ketika bayi yang berumur 40 hari untuk dimandikan yang bertujuan untuk membersihkan atau mensucikan bayi dan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT., Untuk itu peneliti ingin mengetahui hukum-hukum yang terkandung dalam tradisi ini antara lain: (1). Bagaimana proses pelaksanaan tradisi betawar bayi di Desa Kemang Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim, (2). Bagaimana tradisi betawar bayi di Desa Kemang Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim ditinjau dalam hukum Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tradisi betawar bayi yang ada di Desa Kemang. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini yaitu menurut adat Desa Kemang tradisi betawar bayi merupakan proses memandikan bayi agar bersih dari kotoran atau suci dan sebagian masyarakat Desa Kemang meyakini tradisi betawar bisa berpengaruh baik bagi bayi dimasa yang akan datang. Sedangkan perspektif hukum Islam terhadap tradisi betawar bayi adalah boleh (Mubah) karena dalam proses tradisi betawar bayi tidak terdapat penyimpangan-penyimpangan yang terjadi atau tidak bertentangan dengan hukum Islam seperti tanda bersyukur kepada Allah SWT. Karena sudah diberi keturunan dan bersedekah. Kata Kunci:Betawar Bayi, Hukum Islam, Hukum Adat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: PEBRIANI 1930102079
Date Deposited: 09 May 2023 02:13
Last Modified: 09 May 2023 02:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27099

Actions (login required)

View Item View Item