ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN ZONA MERAH COVID-19 DI INDONESIA PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM PERIODE JANUARI – AGUSTUS 2021

Azzahra, Siti An Umillah (2022) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN ZONA MERAH COVID-19 DI INDONESIA PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM PERIODE JANUARI – AGUSTUS 2021. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Siti An Umillah Azzahra (1810501038).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis framing pemberitaan zona merah Covid-19 di Indonesia pada media online Kompas.com dari periode Januari sampai Agustus 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan berita online dari portal berita Kompas.com lalu dianalisis menggunakan teori framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil dari penelitian ini adalah struktur sintaksis yang bentuk beritanya tersusun dalam bentuk yang sama atau tetap dan teratur. Struktur skrip, pemberitaan yang diberikan oleh Kompas.com memiliki pola berita yang seharusnya, yaitu 5W+1H yang menunjukkan keutuhan dalam penyampaian berita. Struktur tematik, wartawan pada media online Kompas.com selalu memberikan berita yang up to date dari zona merah Covid-19 di Indonesia dengan memberikan pemahaman pembaca melalui narasumber yang telah dipilih dan tepat untuk menyampaikan fakta. Struktur yang terakhir yaitu retoris, wartawan media online Kompas.com menunjukkan berita yang disampaikan sesuai dengan kejadian dan kebenaran yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Zona Merah Covid-19, Kompas.com, Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki.
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Media Massa, Jurnalisme, Publikasi
Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: SITI AN UMILLAH AZZAHRA 1810501038
Date Deposited: 09 May 2023 02:13
Last Modified: 09 May 2023 02:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27125

Actions (login required)

View Item View Item