STRATEGI OPTIMALISASI PEMANFAATAN DANA ZISWAF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK ASUH PADA PANTI ASUHAN ANUGRAH DAN PANTI ASUHAN HIDAYATULLAH DI 20 ILIR D III KECAMATAN ILIR TIMUR I KOTA PALEMBANG

Budiarto, Sigit (2022) STRATEGI OPTIMALISASI PEMANFAATAN DANA ZISWAF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK ASUH PADA PANTI ASUHAN ANUGRAH DAN PANTI ASUHAN HIDAYATULLAH DI 20 ILIR D III KECAMATAN ILIR TIMUR I KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SIGIT BUDIARTO.SE.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dana Zakat, Infak, dan Shadaqah merupakan modal dalam upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan umat. Dalam pengelolaan nya panti asuhan berada dibawah naungan Dinas Sosial. Panti Asuhan Anugrah dan Panti Asuhan Hidayatullah merupakan lembaga usaha kesejahteraan sosial yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial bagi anak asuh dengan mengandalkan bantuan dari para donatur yang sifatnya tidak tetap. Dari dana Ziswaf yang didapat oleh pengurus panti asuhan dituntut agar pengelolaan dan laporan manjemen keuangan dilaksanakan secara transparansi. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui Pemanfaatan Dana Ziswaf dalam upaya Meningkatkan Kesejahteraan Anak Asuh pada Panti Asuhan Anugrah dan Panti Asuhan Hidayatullah di 20 Ilir D III Kecamatann Ilir Timur I Kota Palembang. (2) Strategi Optimalisasi Pemanfaatan Dana Ziswaf dalam upaya Meningkatkan Kesejahteraan Anak Asuh pada Panti Asuhan Anugrah dan Panti Asuhan Hidayatullah di 20 Ilir D III Kecamatann Ilir Timur I Kota Palembang. Penulis menggunakan pendekatan Kualitatif yang dapat menjelaskan secara detail masalah yang ada. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) pelaksanaan kegiatan dalam mengoptimalkan dana ziswaf dipanti asuhan anugrah tergolong belum optimal karena dalam pemanfaatan dana ziswaf belum sesuai dengan dana dan anggaran yang didapatkan. (2) pemanfaatan ziswaf di panti asuhan hidayatullah sudah dilakukan dengan baik, walaupun dimasa pandemi ini tidak adanya bantuan dari pemerintah dan minimnya bantuan dari donatur pengurus panti asuhan berusaha sebaik mungkin agar kebutuhan anak asuh bisa terpenuhi. (3) dalam manajemen keuangan di panti asuhan hidayatullah dan panti asuhan anugrah tidak transparansi disebabkan oleh pengelola yang tidak profesional dalam mengelola manajemen keuangan sehingga dapat membuat masyarakat kurang yakin untuk mengeluarkan ziswaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Pemanfaatan, dana ZISWAF, Kesejahteraan
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: SIGIT BUDIARTO 1830604094
Date Deposited: 09 May 2023 02:13
Last Modified: 09 May 2023 02:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27142

Actions (login required)

View Item View Item