KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP KENONG PULUN DAN SEMBILAN HELAI RAMBUT PEMBAWA BENCANA DI DESA LUBUK MUMPO KEC. GUNUNG MEGANG KAB. MUARA ENIM

Prima, Rian Ardicha (2023) KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP KENONG PULUN DAN SEMBILAN HELAI RAMBUT PEMBAWA BENCANA DI DESA LUBUK MUMPO KEC. GUNUNG MEGANG KAB. MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN ) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIAN revisi munaqusah-14-30.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIAN revisi munaqusah-78-79.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Kepercayaan masyarakat terhadap Kenong Pulun dan sembilan helai rambut di Desa Lubuk Mumpo Kec. Gunung Megang Kab. Muara Enim. Penelitian ini dilatarbelakangi banyak masyarakat yang ada di Desa Lubuk Mumpo masih mempercayai kepercayaan yang diwarisi nenek moyang mereka hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan di zaman nenek moyang. Berdasarkan uraian diatas permasalahan pada penelitian ini yaitu: Pertama Bagaimana Kepercayaan masyarakat Desa Lubuk Mumpo terhadap Kenong Pulun dan Sembilan Helai Rambut?, Kedua Apa faktor yang mendorong masyarakat Desa Lubuk Mumpo percaya terhadap Kenong Pulun dan Sembilan Helai Rambut pembawa bencana?. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau (field research) jenis data yang digunakan adalah kualitatif dimana penelitian menggunakan dua sumber yaitu: sumber data primer dan sekunder. Sumber primer yang terdiri dari Mahmudin pewaris kenong pulun dan sembilan helai rambut, tokoh adat, tokoh agama, kepala desa, pemuda desa lubuk mumpo dan warga setempat. Adapun sumber data sekunder berupa: buku atau jurnal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa kepercayaan masyarakat yang ada di Desa Lubuk Mumpo terhadap kenong pulun dan sembilan helai rambut memang benar adanya dimana kepercayan ini diwarisi nenek moyang mereka mempercayai bahwa kenong dan sembilan helai rambut membawa bencana apabila kenong sudah berbunyi dan sembilan helai rambut sudah muncul yang memiliki makna tertentu, adapun faktor penyebab kepercayaan masyarakat ini terhadap kenong dan sembilan helai rambut yang diwarisi nenek moyang, karena mayoritas nenek moyang terdahulu orang awam yang tidak berpendidikan tinggi, dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di desa lubuk mumpo memang masih dipengaruhi oleh hal-hal gaib dan minimnya pengetahuan agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kepercayaan, kenong dan sembilan helai rambut.
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Rian Ardicha Prima
Date Deposited: 19 May 2023 03:53
Last Modified: 19 May 2023 03:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27177

Actions (login required)

View Item View Item