Pengaruh Pimpinan Lembaga Dakwah Islam Indonesia Dalam Memobilisasi Massa Pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin

Reno, Wahid Setiawan (2022) Pengaruh Pimpinan Lembaga Dakwah Islam Indonesia Dalam Memobilisasi Massa Pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
BAB I-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterlibatan pimpinan LDII di Sungai Lilin dengan salah satu calon anggota legislatif untuk memberi dukungan atau mobilisasi dukungan yang mengarahkan atau mempengaruhi Jama’ah LDII di Sungai Lilin untuk memilih calon anggota legislatif tersebut saat pemilihan legislatif 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pimpinan LDII dalam mempengaruhi dan mobilisasi masa terhadap kelompok atau Jama’ah LDII pada saat pemilihan legislatif di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini menggunakan teori partisipasi mobilisasi dari Samuel P. Huntington. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa praktek Mobilisasi yang dilakukan oleh pimpinan cabang LDII Sungai Lilin dengan salah satu calon anggota legislatif yang akan memberikan bantuan berupa renovasi Masjid, Praktek Mobilisasi dukungan ini dilakukan secara persuasif dengan metode atau cara sembunyi-sembunyi. Praktek mobilisasi yang dilakukan oleh pimpinan LDII berhasil untuk mempengaruhi Jama’ah atau Masyarakat LDII dengan cara penyampaian setelah pengajian atau setelah beribadah. Latar belakang kelompok atau jamaah LDII di Sungai Lilin dalam memilih calon anggota legislatif sendiri banyak dipengaruhi oleh pimpinan cabang LDII Sungai Lilin karena atas dasar kesamaan dan kepatuhan terhadap pemimpin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Mobilisasi, LDII, Pemilihan Umum Legislatif
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
Adab dan Humaniora > Politik Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: RENO WAHID SETIAWAN 1740404058
Date Deposited: 25 May 2023 06:43
Last Modified: 25 May 2023 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27181

Actions (login required)

View Item View Item