PENGARUH BENZYL AMINO PURINE (BAP) TERHADAP INDUKSI TUNAS DARI EKSPLAN IBU TANGKAI DAUN (Petiolus communis) DUKU (Lansium domesticum Corr.) PADA MEDIA MURASHIGE AND SKOOG (MS) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA/MA

Metalisa, Elsa (2023) PENGARUH BENZYL AMINO PURINE (BAP) TERHADAP INDUKSI TUNAS DARI EKSPLAN IBU TANGKAI DAUN (Petiolus communis) DUKU (Lansium domesticum Corr.) PADA MEDIA MURASHIGE AND SKOOG (MS) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Tanaman duku (Lansium domesticum Corr.) merupakan salah satu buah musiman tropis yang tersebar di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pengadaan bibit duku yang masih menggunakan bagian biji atau secara konvensional menjadi permasalahan yang dapat menghambat pengembangan pertanian duku karena membutuhkan waktu lama dan jumlah bibit yang dihasilkan terbatas. Upaya peningkatan kualitas dan produksi duku melalui teknik budidaya dapat digunakan untuk meminimalisir kecenderungan penurunan produksi duku. Salah satu upaya baru yang dapat dikembangkan yaitu melalui teknik kultur jaringan. Penelitian ini dilakukan mulai dari September 2022 – November 2022, bertempat di ruang Tissue Culture, Laboratorium Terpadu Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 5 perlakuan dan 5 pengulangan. Perlakuan yang diberikan ialah (0 ppm, 1 ppm, 1,5 ppm, 2 ppm, 2,5 ppm). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pembentukkan tunas eksplan ibu tangkai daun (Petiolus communis) duku terhadap berbagai konsentrasi BAP pada induksi tunas. Eksplan dikultur pada media Murashige Skoog (MS) dengan 30 g sukrosa dan 8 g agar-agar selama 35 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi 2,5 ppm paling baik untuk pembentukkan tunas. Hasil validasi media pembelajaran ensiklopedia sebesar 90,1 % sehingga layak dijadikan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: duku (Lansium domesticum Corr.), BAP, induksi tunas, Petiolus communis.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: ELSA METALISA 1930207085
Date Deposited: 17 May 2023 01:21
Last Modified: 17 May 2023 01:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27293

Actions (login required)

View Item View Item