REPRESENTASI PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM PENYELESAIAN KONFLIK (Analisis Semiotika John Fiske Pada Aktor Utama Starforce Entertainment Dalam Drama Shooting Stars)

SYARIFAH, WAJIHAH (2023) REPRESENTASI PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM PENYELESAIAN KONFLIK (Analisis Semiotika John Fiske Pada Aktor Utama Starforce Entertainment Dalam Drama Shooting Stars). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
WAJIHAH SYARIFAH 1910701010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini banyak sekali drama Korea yang hadir di kalangan masyarakat. Drama tersebut menceritakan beragam hal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Shooting Stars merupakan salah satu dari sekian banyak drama tersebut. Drama yang bergenre komediromantis ini mengisahkan kehidupan seorang ketua tim public relations bernama Oh Han-Byeol dalam kesehariannya menjalankan perannya di Starforce Entertainment dan seorang aktor terkenal yaitu Gong TaeSung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi peran public relations dalam menyelesaikan konflik pada aktor utama Starforce Entertainment dalam drama Shooting Stars. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika John Fiske. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi yang berfokus pada scene-scene drama Shooting Stars yang termasuk dalam kriteria yang telah ditentukan, dengan teknik analisa data yang disesuaikan pada semiotika John Fiske yang membagi menjadi 3 level yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologis. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa adanya representasi peran public relations dalam penyelesaian konflik pada aktor utama Starforce Entertainment dalam drama Shooting Stars. Pada level realitas penampilan para public relations cenderung berpakaian casual dengan make up natural dan id card sebagai identitas pegawai perusahaan, level representasi yaitu public relations mempunyai peran yang untuk menyelesaikan konflik yang terjadi dengan mencari tahu penyebab konflik, menkonfirmasi kebenaran berita pada manajer aktor, membuat pernyataan resmi, memantau opini publik, membuat video promosi, melakukan press conference, dan bekerja sama dengan pihakpihak tertentu untuk menyelesaikan konflik yang terjadi, dan level ideologis bahwa Oh Han-Byeol sebagai public relations mampu menjalankan perannya dalam menyelesaikan konflik secara baik dan cepat. Kata kunci : Film, Korea, Public Relations

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 17 May 2023 01:17
Last Modified: 17 May 2023 01:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27368

Actions (login required)

View Item View Item