Wulandari, Suci (2023) POLA KOMUNIKASI BISNIS ETNIS BATAK DI PASAR RAKYAT PANGKALAN BALAI KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Text
SUCI WULANDARI 1910701015.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berkomunikasi antara pedagang dan pembeli dalam hal transaksi jual beli sangat diperlukan. Kemampuan berkomunikasi akan mempengaruhi penjualan dan seluruh aktivitas yang dilakukan manusia, budaya yang dibawa oleh masing-masing individu akan mempengaruhi proses komunikasi karena komunikasi merupakan bagian dari budaya seseorang. Berkomunikasi dengan seseorang yang memiliki kebudayaan yang berbeda merupakan hal yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Komunikasi Bisnis Etnis Batak dengan Pembeli di pasar rakyat Pangkalan Balai. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif sebagai suatu bentuk analisa dan pembahasan terhadap data yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument berupa observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap informan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Teori dalam penelitian ini menggunakan Teori Interaksi Simbolik. Peneliti mengambil lokasi penelitian di pasar rakyat Pangkalan Balai dan penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai terhadap enam informan yaitu 4 pedagang etnis Batak dan 2 pembeli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pola komunikasi satu arah dan pola komunikasi dua arah yang tidak terlepas dari interaksi simbolik yang mudah dipahami pembeli dan terdapat juga proses komunikasi yaitu proses interaksi diawali dengan datangnya calon pembeli kemudian pedagang etnis Batak memberikan pelayanan dengan ramah dan murah senyum, cepat tanggap dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami pembeli sehingga terjadi komunikasi tatap muka dan timbal balik antara pedagang dengan pembeli yang mempermudah dalam menentukan kesepakatan harga dalam transaksi jual beli. Hambatan yang terjadi pada pedagang etnis Batak saat melakukan transaksi jual beli dengan pembeli adalah hambatan pengalaman dan persepsi. Sedangkan bahasa bukanlah menjadi hambatan karena pedagang etnis Batak menggunakan bahasa yang mudah dipahami pembeli. Kata Kunci: Etnis, Pasar, Transaksi
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id |
Date Deposited: | 17 May 2023 01:14 |
Last Modified: | 17 May 2023 01:14 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27385 |
Actions (login required)
View Item |