Pengaruh Implementasi Metode Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Mi Nurul Qomar Palembang

humairo, humairo (2023) Pengaruh Implementasi Metode Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Mi Nurul Qomar Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui Pengaruh Implementasi Metode Tutor Sebaya terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik di MI Nurul Qomar Palembang. Dengan menggunakan metode tutor sebaya yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran berlangsung sehingga materinya mudah diterima oleh peserta didik. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan metode eksperimen, dan desain penelitian yaitu True-Eksperimental Design dengan jenis Posttest Only Control Design. Sample yang digunakan yaitu Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil Penelitian (1) Penerapan metode tutor sebaya menggunakan media gambar dengan membentuk kelompok belajar agar peserta didik bisa bertukar pikiran. (2) Motivasi belajar peserta didik di kelas eksperimen setelah diterapkannya metode tutor sebaya memperoleh nilai rata-rata hasil angket sebesar 33,20. (3) Motivasi belajar peserta didik di kelas kontrol dengan tidak menggunakan metode tutor sebaya memperoleh nilai rata-rata hasil angket sebeaar 30,50. (4) Terdapat pengaruh terhadap metode tutor sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik dapat dilihat dari tabel independent sample t test bahwa nilai signifikansi yaitu 0,001. Diketahui bahwa signifikan 0,001 ≤ 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengaruh Implementasi, Metode Tutor Sebaya, Motivasi Belajar.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HUMAIRO 1910201014
Date Deposited: 19 May 2023 03:53
Last Modified: 19 May 2023 03:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27403

Actions (login required)

View Item View Item