Pengelolaan dana retribusi pasar untuk meningkatkan pelayanan publik dalam perspektif ekonomi islam (studi kasus di pasar selasa sumber mulya kecamatan muara telang)

SISKA FERNANDO, TOMY (2022) Pengelolaan dana retribusi pasar untuk meningkatkan pelayanan publik dalam perspektif ekonomi islam (studi kasus di pasar selasa sumber mulya kecamatan muara telang). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
FINALLYY SKRIPSI TOMY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Retribusi pasar atau retribusi pelayanan pasar adalah fasilitas pasar tradisional/sederhana berupa pelataran, los yang dikelola pemerintah daerah, dan khusus disediakan untuk pedagang, tidak termasuk yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan pihak swasta.Dalam distribusi terdapat proses pendapatan dan pengeluaran. Pada Pasar Selasa Sumber Mulya setiap minggunya dipungut retribusi pasar bagi pedagang yang menggunakan tempat untuk berdagang. Pengenaan retribusi pasar berbeda bagi setiap pedagang, hal tersebut disesuaikan dengan jenis dan ukuran tempat dagang yang digunakan. Setiap pedagang yang telah membayar retribusi pasar maka akan mendapatkan pelayanan sesuai dengan tarif yang dikenakan. Adapun pelayanan yang diberikan oleh pasar kepada pedagang yaitu berupa pelayanan kebersihan, keamanan dan ketertiban. Dan dalam memenuhi semua kebutuhan pasar seperti untuk perbaikan sarana dan prasarana, Pasar Selasa Sumber Mulya menggunakan dana anggaran yang diajukan kepada pemerintah daerah. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengelolaan retribusi pasar untuk meningkatkan pelayanan public perspektif ekonomi Islam pada Pasar Selasa Sumber Mulya Kecamatan Muara Telang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Dalam penelitian yang penulis lakukan subjek penelitian adalah Kepala Pengelola Pasar Selasa Sumber Muya, pedagang, pengunjung, serta staf karyawan. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengelolaan retribusi pasar untuk meningkatkan pelayanan publik perspektif ekonomi Islam pada Pasar Selasa Sumber Mulya Kecamatan Muara Telang. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan retribusi pasar pada Pasar Selasa Sumber Mulya sudah menerapkan nilai-nilai ekonomi Islam. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaannya baik dari pemungutan ataupun pendistribusian hasil retribusi pasar pada Pasar Selasa Sumber Mulya sudah sesuai dengan aspek keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Retribusi Pasar dan Pelayanan Publik, dan Perspektif Ekonomi Islam
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: TOMY SISKA FERNANDO 1656200244
Date Deposited: 17 May 2023 02:00
Last Modified: 17 May 2023 02:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27412

Actions (login required)

View Item View Item