PENGOSONGAN BENDA TIDAK BERGERAK SEBAGAI OBJEK PERKARA BERDASARKAN SURAT EDARAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 10 TAHUN 2020 DITINJAU DARI MAQASHID SYARIAH

Aisyah, Ajeng Faradina (2023) PENGOSONGAN BENDA TIDAK BERGERAK SEBAGAI OBJEK PERKARA BERDASARKAN SURAT EDARAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 10 TAHUN 2020 DITINJAU DARI MAQASHID SYARIAH. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
1-Skripsi Ajeng Final 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam sebuah negara hukum, keberadaan badan peradilan sangatlah penting. Mahkamah Agung, lembaga peradilan tertinggi di Indonesia, harus menentukan dan memutuskan sikap yang sesuai dengan rasa keadilan masyarakat. Skripsi dengan judul “Pengosongan Benda Tidak Bergerak Sebagai Objek Perkara Berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 10 Tahun 2020 Ditinjau dari Maqashid Syariah” dibuat guna menjawab permasalahan tentang bagaimana urgensi pengaturan pengosongan benda tidak bergerak sebagai objek perkara berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 10 tahun 2020 dan bagaimana tinjauan Maqashid Syariah terhadap pengosongan benda tidak bergerak sebagai objek perkara berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 10 tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan metode penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aturan tersebut dikeluarkan dengan tujuan untuk menyamaratakan semua perkara kebendaan terutama benda tidak bergerak. Dan tinjauan dari maqashid syariah adalah untuk menciptakan kemaslahatan dan menjauhi kemudharatan di dalam hubungan antar manusia dan merupakan perwujudan dari asas keadilan serta demi tercapainya tujuan dari kedua prinsip umum maqashid syariah, yaitu memelihara jiwa (hifz an-Nafs) dan memelihara harta (hifz al-mal).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Hukum sosial
Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: AJENG FARADINA AISYAH 1830101097
Date Deposited: 23 May 2023 09:04
Last Modified: 23 May 2023 09:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27454

Actions (login required)

View Item View Item